Nelayan Tegal Pilih Pakai Bahan Bakar Gas Ketimbang Solar. Ini Alasannya. .

Konverter kit yang dikembangkan itu mesin berbahan bakar diesel yang dikonversi ke bahan bakar gas (BBG).

Nelayan Tegal Pilih Pakai Bahan Bakar Gas Ketimbang Solar. Ini Alasannya. .
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
nelayan di Tegal 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL- Inovasi guna mengganti bahan bakar minyak terus dikembangkan. Satu di antaranya konverter kit, produk yang ditanamkan atau dipasangkan pada kendaraan untuk dapat mengubah jenis bahan bakar yang digunakan.

Nelayan Kota Tegal mendapatkan kesempatan untuk melakukan uji coba peralatan konverter kit dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Uji coba tersebut dilaksanakan di kelompok nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Gulamah, Panggung, Kecamatan Tegal Timur.

Konverter kit yang dikembangkan itu mesin berbahan bakar diesel yang dikonversi ke bahan bakar gas (BBG). Ada sekitar 15 nelayan yang mendapatkan konverter kit ujicoba itu.

"Sudah setahun saya memakai konverter kit ujicoba ini. Hasilnya lebih irit dibandingkan memakai solar," kata seorang nelayan, Teguh Sapari (41)

Menurutnya, konverter kit dengan menggunakan bahan bakar gas itu lebih irit 80 persen. Untuk penggunaan, nelayan menggunakan gas elpiji melon atau ukuran tiga kilogram.

Saat berlayar hingga 16 mil pulang pergi, kata dia, bisa menghabiskan bahan bakar has 1,8 ons. Sedangkan untuk solar dengan jarak perjalanan sama, dapat menghabiskan 5-6 liter.

"Hitung saja, menempuh perjalanan 16 mil dengan bahan bakar minyak sebanyak 5-6 liter. Namun dengan gas hanya menghabiskan 1,8 ons," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan nelayan lain, Rachmat Sadili (52). Meskipun ia baru beberapa bulan menggunakan konverter kit bahan bakar gas, ia sudah merasakan keuntungannya.

"Lebih irit dibandingkan pakai solar. Saya dipinjamin Konverter kit ini, semoga ada bantuan atau pemberian dari pemerintah," ucapnya. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved