4.532 Unit Aset Pemprov Senilai Rp 57 Miliar Diambil Alih Pemerintah Pusat

Alih kewenangan sesuai amanat Undang Undang nomormendata

4.532 Unit Aset Pemprov Senilai Rp 57 Miliar Diambil Alih Pemerintah Pusat
Net
Ilustrasi PNS 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Aset milik Pemerintah Provinsi Jateng sejumlah 4.532 unit yang tersebar di sejumlah tempat, akan diambil alih kewenangannya oleh Pemerintah Pusat. Hal itu seiring alih kewenangan data personel, perlengkapan, pembiayaan dan dokumen (P3D).

Alih kewenangan sesuai amanat Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah tersebut, akan mulai diberlakukan mulai Januari 2017 mendatang.

Plh Sekda Jateng, Siswo Laksono saat acara penandatanganan P3D, di gedung Gradhika, Komplek Kantor Gubernur Jateng, Senin (26/9/2016), menyebutkan, aset sejumlah 4.532 unit itu senilai Rp 57.340.007.403. Data aset, sudah divalidasi oleh DPPAD Provinsi Jateng dan Kementerian terkait.

"Penandatanganan serah terima telah dilaksanakan," katanya.

Selain aset, sejumlah 324 personel Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jateng, juga akan beralih menjadi pegawai di sejumlah Kementerian atau pemerintah pusat.

"Data usulan personel sudah dikirim ke Kementerian terkait, dan saat ini masih dalam proses penetapan keputusan
dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional)," kata Siswo.

Sejumlah 324 personel tersebut saat ini berada di beberapa sub urusan, di antaranya di 14 jembatan timbang, Akademi Keperawatan (Akper), penyuluh dan pengawas mutu perikanan, dan inspektur tambang.

Ia mengungkapkan, di Jateng sebenarny ada 16 jembatan timbang namun hanya 14 jembatan yang diserahkan ke pusat. Karena, dua di antaranya jembatan timbang Katonsari di Demak dan jembatan timbang Butuh di Purworejo, tanahnya masih bermasalah.

Pada penandatanganan P3D itu, juga dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, sejumlah Anggota DPRD Jateng, para Bupati dan Wali Kota dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota di Jateng, (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved