Kecelakaan Lalulintas

DRAMATIS, Bus Nyemplung Sungai Pantura Demak, Penumpang Berebut Keluar dari Rendaman

DRAMATIS, Bus Nyemplung Sungai Pantura Demak, Penumpang Berebut Keluar dari Rendaman, Rabu (28/9/2016) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

DRAMATIS, Bus Nyemplung Sungai Pantura Demak, Penumpang Berebut Keluar dari Rendaman
tribunjateng/putut dwi putranto
DRAMATIS, Bus Nyemplung Sungai Pantura Demak, Penumpang Berebut Keluar dari Rendaman, Rabu (28/9/2016) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Sebuah Mikrobus berpelat H 1486 AE nyemplung sungai di jalur Pantura Demak, Jawa Tengah tepatnya di wilayah Desa Wonokerto, Kecamatan Karangtengah, Rabu (28/9/2016) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan nahas ini. Belasan penumpang bus jurusan Semarang - Demak itu, harus berjibaku menyelamatkan diri karena tenggelam di sungai sedalam sekitar 1 meter di pinggir jalan.

Beruntung mereka berhasil keluar dari dalam bus dengan cara memecahkan kaca jendela bus. Posisi bus terguling ke kiri, sebagian badan bus terendam air sungai.

"Saat itu mendadak bus oleng ke kiri dan masuk sungai. Semua penumpang berteriak ketakutan karena bus terjun ke sungai. Kami pukul-pukul lalu mendorong-dorong kaca bus hingga pecah. Kami lalu keluar berenang," kata seorang penumpang, Yahyatun Nafiah.

Yahyatun, bersyukur bisa selamat dalam kecelakaan ini. Ia beserta kedua penumpang lain harus dilarikan ke RSUD Kalijaga Demak karena mengalami luka ringan. Beberapa bagian fisik tubuh mereka termasuk kepala menderita luka benturan dan lecet.

Berdasarkan infomasi yang diperoleh Tribun, bus yang melaju dengan kecepatan sedang dari arah barat (Semarang) menuju Demak itu mengalami patah tie rod (sistim kemudi mobil) sebelah kanan. Praktis seketika itu sopir tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya. Ditambah lagi, kondisi jalan pantura yang licin akibat diguyur hujan semalaman.

"Jadi patah sistem kemudinya. Sopir kala itu ingin banting stir ke kanan namun jalannya berlubang, kemudian ia menghindar dengan banting stir ke kiri. Eeeeehh malah bus tergelincir nyemplung ke sungai," kata Kasatlantas Polres Demak, AKP Yoppy Anggi Krisna.

Belasan penumpang selamat dan langsung berganti armada bus. Adapun tiga penumpang bus yang mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke RSUD Sunan Kalijaga yaitu Mustopiah (25) warga Desa Krajanbogo RT 03 RW 05, Kecamatan Bonang, Demak, Mahmudah (45) warga Desa Sidoarjo, RT 02 RW 04, Kecamtan Guntur, Demak dan Yahyatun Nafiah (28) warga Desa Katonsari RT 05 RW 05 Kecamatan Demak.

"Korban luka ringan. Kasus kecelakaan ini masih dalam penyelidikan kami. Bus juga kami evakuasi dari dalam sungai menggunakan alat berat. Saat ini, sopir dan kernek sudah kami amankan untuk pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Yoppy. (*)

Penulis: puthut dwi putranto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved