Sambut Tahun Baru Islam, Santri Perempuan Ikut Main Sepak Bola Api

Santri dari berbabai pondok pesantren ikuti sepak bola api dan sepak bola durian di Pondok Pesantren Az-zuhri, Sabtu (1/10/2016).

Sambut Tahun Baru Islam, Santri Perempuan Ikut Main Sepak Bola Api
Tribun Jateng/rahdyan trijoko pamungkas
Santri perempuan ikut main sepak bola api menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1438 H 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Santri dari berbabai pondok pesantren ikuti sepak bola api dan sepak bola durian di Pondok Pesantren Az-zuhri, Sabtu (1/10/2016). Kegiatan tersebut untuk memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1438 H.

Uniknya, kegiatan sepak bola api tersebut tidak hanya diikuti oleh santri pria. Santri wanita juga ikut meramaikan hal ekstrem tersebut. Bahkan, mereka juga tampak lincah sepak bola api.

Santriwati Az-Zuhri, Cut Nana (13) mengaku awalnya takut ikut bermain sepak bola api. Lantaran ia tak pernah ikut menendang bola api tersebut.

"Saya baru pertama ikut. Awalnya sih takut namun setelah mencoba rasa takut hilang," ujar dia.

Setelah mencoba, Cut Nana justru mengaku ketagihan memainkan sepak bola api. Menurutnya, permainan itu sangat menantang.

"Kalau ada kesempatan lagi saya ingin ikut," ujarnya.

Ketua pondok pesantren Az-zuhri, Lukman Hakim menjelaskan sepak bola api dipilih karena bisa menjadi hiburan untuk masyarakat. Selain itu, sekaligus juga menunjukkan kebesaran Tuhan.

"Yang menunjukkan panasnya api dan Kuasa Allah," ujarnya.

Selain sepak bola api, dalam peringatan Tahun Baru Islam, pihaknya juga menggerlar arak-arakan yang diikuti oleh muslim dari berbagai suku dan aliran.

Rencananya, kegiatan tersebut juga diramaikan wayang dengan dalang Ki Joko Edan. Namun karena tersangkut masalah narkoba dalang akhirnya diganti dengan dalang Tri Luwih dan Aji.

"Nanti juga akan ada wayang meskipun bukan Joko tetap dalangnya laki-laki," ujarnya. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved