Breaking News:

Apakah Buku Pelaut Itu? Ini Penjelasannya!

Lalu seberapa penting buku pelaut bagi lulusan pendidikan vokasi pelayaran?

kompasiana
Buku Pelaut 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Selasa (11/10/2016) lalu, publik dihebohkan dengan operasi tangkap tangan pungli di lingkungan Kementerian Perhubungan Indonesia, yang salah satunya terkait pengadaan buku pelaut bagi sekolah pelayaran.

Lalu seberapa penting buku pelaut bagi lulusan pendidikan vokasi pelayaran? Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia, (Polimarin) Sri Tuti Rahayu menjelaskan betapa pentingnya buku tersebut bagi pelaut.

"Buku pelaut adalah buku untuk mereka yang akan berlayar, jika pelaut tidak memiliki buku tersebut, mereka bisa diturunkan dari atas kapal, buku ini layaknya SIM bagi pengendara angkutan darat, juga layaknya paspor, karena berlaku di seluruh dunia," bebernya.

Buku tersebut memang diperuntukkan bagi mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan dan akan berlayar. Artinya, siswa harus memenuhi kompetensi kelulusan, dibuktikan dengan surat tanda kelulusan untuk bisa mendapatkan buku ini.

"Buku ini dikeluarkan oleh kementerian perhubungan, isinya adalah lembaran yang akan menunjukan informasi bahwa pelaut yang membawa buku tersebut berposisi sebagai apa, dikapal apa, sign in kapan, dan sign out kapan," terangnya.

Oleh karena itu, selain sebagai syarat untuk melaut, buku ini juga berfungsi sebagai identitas diri. Sayangnya, Sri Tutu Rahayu enggan menyebutkan besaran biaya yang dikeluarkan untuk mengurus buki tersebut di Polimarin.

"Saya tidak tahu persis, karena ada bagian yang khusus mengurusi buku tersebut, saya tidak hafal detail biayanya, tapi memang sepertinya ada, kareba paspor saja kan ada biaya administrasi, apalagi ini berbentuk buku," pungkasnya. (*)

Penulis: rival al manaf
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved