Breaking News:

Mantan Perdana Menteri Portugal Terpilih Sebagai Sekjen PBB Yang Baru

Mantan Perdana Menteri Portugal Antonio Guterres secara aklamasi terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa yang baru.

KENA BETANCUR / AFP
Antonio Guterres, mantan PM Portugal yang juga menjadi salah satu kandidat kuat sekretaris jenderal baru PBB. 

TRIBUNJATENG.COM - Mantan Perdana Menteri Portugal Antonio Guterres secara aklamasi terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa yang baru. 

Sebanyak 193 negara anggota PBB memilih Guterres untuk menggantikan pejabat lama asal Korea Selatan Ban Ki-moon.

Resolusi ini dibacakan oleh Presiden Majelis PBB Peter Thompson, dalam sidang di Markas PBB di New York, Amerika Serikat, Kamis (13/10/2016).

Thompson mengatakan, seluruh negara anggota PBB menginginkan Guterres. Saat dia mengetukkan palunya, seluruh diplomat yang memadati ruangan pun bertepuk tangan.

Lelaki berusia 67 tahun itu, sebelumnya mengabdi di PBB sebagai Kepala badan PBB urusan pengungsi selama 10 tahun, hingga Desember tahun lalu.

Diwartakan kantor berita AP, Guterres akan memulai tugas barunya sebagai Sekjen PBB pada 1 Januari mendatang.

Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB menominasikan nama Guterres pekan lalu juga secara aklamasi, dalam enam jajak pendapat informal.

Guterres selalu berada di puncak, mengungguli 13 kandidat lain, yang terdiri dari tujuh perempuan dan enam laki-laki. (KOMPAS.com/Glori K. Wadrianto)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved