Breaking News:

Pembangunan Jalur KA Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo Tak Pakai APBN

Proyek integrasi transportasi dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo, Solo tidak akan dibiayai oleh pemerintah pusat

Penulis: suharno | Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng/Suharno
Kereta Api Bathara Kresna melaju di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jumat (14/10/2016). Selain Bathara Kresna, Solo juga akan dilalui kereta api Bandara. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, SOLO -- Proyek integrasi transportasi dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo, Solo tidak akan dibiayai oleh pemerintah pusat memakai Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN).

Manager Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya Wijanarka mengatakan semua anggaran yang dibutuhkan akan ditalangi langsung oleh konsursium.

Dalam konsorsium proyek rel kereta api ini terdiri dari tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Adhi Karya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura I.

"Jadi proyek ini memang non APBN. Besarannya masih dalam pembahasan, namun komposisinya hampir sama atau dibagi rata dalam tiga BUMN tersebut," ujar Yaka, Jumat (14/10/2016).

Menurutnya, ketiga BUMN itu nantinya akan diberikan jatah masing-masing dalam pembangunan proyek integrasi moda ini.

Yaka mencontohkan untuk PT Angkasa Pura I diberikan jatah pembuatan stasiun Bandara, sarana dan prasarana berasal dari PT KAI dan infrastrukturnya dari PT Adhi Karya.

"Kalau untuk operatornya nanti, kami akan buat anak perusahaan dari konsursium tersebut," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved