Penumpang Kapal Dharma Kencana yang Tenggelam Tabrak Karang Diangkut Pakai Pesawat

KMP milik PT Dharma Lautan Utama ini tenggelam usai menabrak karang di Pulau Bidadari, Labuan Bajo, Jumat (14/10/2016)malam.

Penumpang Kapal Dharma Kencana yang Tenggelam Tabrak Karang Diangkut Pakai Pesawat
ISTIMEWA
KMP Dharma Kencana VIII 

TRIBUNJATENG.COM, SURABAYA – Sebanyak 124 penumpang KMP Dharma Kencana VIII yang selamat, usai kapalnya tenggelam di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara, telah diterbangkan dengan pesawat, Sabtu (15/10/2016) pagi.

KMP milik PT Dharma Lautan Utama ini tenggelam usai menabrak karang di Pulau Bidadari, Labuan Bajo, Jumat (14/10/2016), pukul 19.30 Wita.

Kapal sedang dalam perjalanan dari Maumere menuju Surabaya, dan singgah ke Labuan Bajo untuk mengangkut penumpang.

“Sebagai bentuk tanggung jawab kami, semua penumpang kami berangkatkan dengan pesawat. Semalam juga kami inapkan di hotel sekitar Labuan Bajo,” ujar Anita, Humas PT Dharma Lautan Utama kepada SURYA.co.id, Sabtu (15/10/2016).

Selain itu, pihaknya juga mengasurasikan barang-barang penumpang yang tenggelam, di antaranya 27 kendaraan dari Maumere, empat mobil dan kendaraan bermotor yang muat dari Laboan Bajo.

Anita menambahkan, saat itu KMP Dharma Kencana VIII sedang sandar sebentar di Labuan Bajo, dan selanjutnya menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Saat akan berangkat, tiba-tiba kapal menabrak karang di perairan Laboan bajo, sehingga lambung kanan kapal bocor. Beberapa penumpang langsung menyelamatkan diri dan menceburkan diri ke laut ," imbuhnya.

Menurut Anita, evakuasi penumpang sudah sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP), menggunakan sekoci serta bantuan dari sejumlah kapal yang ada di sekitar, sehingga semua penumpang selamat.

Anita mengakui, saat itu kondisi perairan Laboan Bajo sedang pasang, sehingga karang tidak terlihat oleh nahkoda KMP Dharma Kencana VIII Kapten Wagimin.

"Kalau tidak ada kejadian tersebut, kapal seharusnya bisa sandar di Surabaya hari ini," katanya.
KMP Dharma Kencana VIII memiliki kapasitas maksimal 600 orang penumpang, dengan rute Pelabuhan Maumere ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Saat berangkat dari Maumere, KMP Dharma Kencana VIII membawa 117 orang penumpang, Jumat (14/10/2016).

Setelah itu mengangkut tambahan 7 penumpang dari Laboan Bajo dan dijadwalkan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (15/10/2016).

Editor: tri_mulyono
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved