PLN Berkomitmen Pacu Ekonomi Jateng

Jateng Kebagian Proyek 8 Ribu MW

PLN Distribusi Jateng dan DIY berkomitmen untuk turut serta memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah Jateng.

Jateng Kebagian Proyek 8 Ribu MW
tribunjateng/dok
ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PLN Distribusi Jateng dan DIY berkomitmen untuk turut serta memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah ini, antara lain lewat pembangunan proyek penyediaan listrik.

“Sebesar 8 ribu MW (Mega Watt) dari program 35.000 MW dibangun di Jateng, di mana sekarang masuk tahap konstruksi," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Nasri Sebayang, usai dialog bisnis bertajuk 'Menggayung Sinergi untuk Meningkatkan Pertumbuhan di Jawa Tengah', di Hotel Gumaya Semarang, Senin (17/10).

Ia pun berharap program 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah dapat didukung semua pihak terkait, mengingat ketersediaan listrik dapat memacu produktifitas industri dan berkontribusi pada perekonomian.

“Mengingat besarnya kapasitas yang dibangun di Jateng, kami mohon pada gubernur dan wakil gubernur dapat terus membina kami untuk kelancaran pembangunan,” ujarnya.

Nasri menyatakan, beberapa proyek yang sedang dalam proses pembangunan itu di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B Jepara dengan kapasitas 2x1.000 MW dan PLTU Batang berkapasitas 2x1.000 MW.

“Selain itu, groundbreaking juga baru saja dilakukan di PLTU Cilacap dengan kapasitas 1.000 MW. Kami juga sedang dalam proses pengadaan lahan untuk jaringan transmisi dari Jepara ke Bekasi,” terangnya.

Menurut dia, progres pembangunan jaringan transmisi 500 kV sistem utara Jawa mulai dari Tanjung Jati B di Jepara sampai Bekasi sepanjang lebih dari 600 Km demi memenuhi kebutuhan kelistrikan Jawa-Bali, khususnya di Jateng itu tengah dalam tahap sosialisasi.

"Kami sudah memperoleh dukungan dari pemda terkait di sepanjang proyek itu, dan kemudian akan diikuti dengan tahap inventarisasi," ucapnya.

Atasi gangguan
Nasri mengemukakan, PLN saat ini juga tengah melakukan pembangunan jaringan dan gardu-gardu listrik di seluruh Jateng untuk meningkatkan kualitas ketenagalistrikan untuk bisa mengatasi gangguan-gangguan yang mungkin timbul.

"Proyek-proyek itu harus selesai pada 2019. Khusus PLTU Batang progres pembangunan sebesar 6-7 persen. Ditargetkan pembangunan PLTU itu bisa selesai pada akhir 2019,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: hesty imaniar
Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved