Mahasiswi Ini Penasaran Wayang Gagrak Tegal Ki Enthus

Sebagai calon guru ia merasa harus mengikuti serangkaian pameran dan kegiatan Ki Enthus dalam rangkaian Bulan Bahasa di kampusnya.

Mahasiswi Ini Penasaran Wayang Gagrak Tegal Ki Enthus
Tribun Jateng/ Rival Almanaf
Mahasiswa mengunjungi pameran wayang karya Ki Enthus 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Puluhan wayang golek yang berjajar rapi hingga sekitar tiga meter seolah menyambut tamu yang akan masuk ke ruang pameran wayang karya Ki Enthus Susmono di Kampung Budaya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (26/10/2016).

Dalam kesempatan tersebut dalang yang juga Bupati Tegal tersebut memamerkan ratusan karya wayang baik wayang kulit, wayang rai wong, hingga wayang golek.

"Sudah ada lebih dari 1400 wayang yang pernah saya buat dan beberapa yang terbaik dan berkesan saya tampilkan untuk dipajang dalam pameran kali ini," terang Enthus kepada awak media yang hadir dalam pembukaan pameran tersebut. Tidak ketinggalan adalah wayang yang pernah ia buat ketika mendekam di penjara.

Salah satu pengunjung pameran Inayatul Hikmah, menyatakan takjub dengan seluruh karya wayang Ki Enthus. Menurut mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa tersebut, Ki Enthus merupakan sosok yang lengkap dalam dunia pewayangan.

"Beliau mungkin satu-satunya dalang yang bisa memainkan wayang golek dan wayang kulit, juga membuat wayangnya yang jelas secara bahan sudah jauh berbeda, kulit dan kayu memiliki struktur yang berbeda saat dipahat, dan jumlah yang sudah dibuat juga cukup banyak," terang gadis yang akrab disapa Ina tersebut.

Sebagai calon guru ia merasa harus mengikuti serangkaian pameran dan kegiatan Ki Enthus dalam rangkaian Bulan Bahasa di kampusnya.

Pasalnya selain pameran yang akan diselenggarakan dari 26 Oktober hingga 2 November dan dibuka gratis tersebut ada juga seminar tentang Wayang Gagrak Tegal yang digelar pada 27 Oktober hingga pentas Wayang Kulit Gagarak Tegal dengan lakon Batara Kala yang semuanya akan menampilkan Ki Enthus sebagai artis utama.

"Selain untuk menambah ilmu dari perkuliahan yang sudah didapat, saya juga penasaran dengan pentas Wayang Kulit Gagrak Tegal, karena tadi Ki Enthus sempat menjanjikan mulai dari jenis gamelan, wayang, bahasa, suluk hingga gending semua akan menggunakan Gagrak Tegal," pungkas Ina. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved