Penumpang Panik Saat Pesawat American Airlines Terbakar di Bandara, Lihat VIDEO Ini

Penumpang Panik Saat Pesawat American Airlines Terbakar di Bandara, Jumat (28/10) waktu setempat atau Sabtu (29/10) WIB.

Penumpang Panik Saat Pesawat American Airlines Terbakar di Bandara, Lihat VIDEO Ini
the guardian
Perasaan panik dan takut seketika menghinggapi para penumpang saat pesawat American Airlines terbakar di Bandara Chicago, Amerika Serikat (AS), Jumat (28/10) waktu setempat atau Sabtu (29/10) WIB. 

TRIBUNJATENG.COM, CHICHAGO - Perasaan panik dan takut seketika menghinggapi para penumpang saat pesawat American Airlines terbakar di Bandara O'Hare, Chicago, Amerika Serikat (AS), Jumat (28/10) waktu setempat atau Sabtu (29/10) WIB.

Kala itu, situasi di dalam kabin benar-benar kacau. Penumpang mengantre untuk keluar pesawat melalui seluncuran darurat.

Seorang penumpang bernama Gary Schiavone, seperti dilansir ABC News dan CNN, mengaku melihat bola api besar manakala keluar dari pesawat via seluncuran darurat. Ia menyebut, pilot berhasil menghentikan pesawat secara cepat setelah api muncul di bagian luar kanan pesawat. Para penumpang kemudian diminta bergegas keluar dari pintu sebelah kiri.

Sesaat setelahnya, menurut Shciavone, penumpang saling berteriak. Mereka berusaha mengambil barang-barang dari bagasi. "Kacau, tetapi terkoordinasi," ungkapnya.

Selang 30 detik saat evakuasi dimulai, ia melanjutkan, asap mulai masuk ke kabin. Para penumpang yang masih berada di dalam mulai merasa sulit bernapas. Schiavone mengaku ketika itu takut pesawat akan meledak. "Kami selesai jika pesawat meledak," ucapnya.

Kendati demikian, Schiavone memuji awak pesawat yang berhasil mengevakuasi seluruh penumpang dalam waktu hanya sekitar satu menit. Padahal, di dalam pesawat Boeing 767 tersebut ada 161 penumpang dan sembilan awak.

VIDEO PESAWAT AMERICAN AIRLINES TERBAKAR

Sekadar informasi, pesawat American Airlines memercikkan api tatkala hendak mengudara ke Miami. Api lantas membesar sehingga penerbangan dibatalkan. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh kebocoran bahan bakar.

Penumpang lain, Sarah Ahmed menuturkan kepada televisi lokal, WLS-TV, bahwa proses evakuasi diwarnai teriakan dan kepanikan. Ia menuturkan, pesawat mulai mengurangi kecepatan saat hendak lepas landas. Padahal, seharusnya, di titik itu pesawat semakin menambah kecepatan.

Tak lama kemudian, terdengar suara ledakan. Ia melihat kobaran api disertai asap pekat di bagian luar pesawat. Para penumpang di bagian kanan kabin langsung melompat dari tempat duduk dan bergerak ke sebelah kiri.
"Mereka berteriak. Mereka melompat untuk membuka pintu. Benar-benar gaduh," tutur Ahmed seperti dilansir The Guardian.

Ia membeberkan, tujuh detik berselang, tampak asap di dalam pesawat. Api melelehkan jendela. Hawa panas menyeruak sehingga penumpang kalang kabut.

Laporan otoritas setempat, sedikitnya 20 orang mengalami luka ringan dalam insiden tersebut. Para korban menderita luka memar dan cedera di pergelangan kaki.

"kami pastikan tidak ada korban luka terbakar. Tidak ada pula penumpang yang menghirup asap kebakaran," tandas petugas evakuasi. (tribunjateng/kompas.com/dtc/igy)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved