PT KAI Akan Minta Ganti Rugi Pemilik Truk yang Mogok di Rel Perlintasan Sragen

PT KAI Akan Minta Ganti Rugi Pemilik Truk yang Mogok di Rel Perlintasan Sragen

PT KAI Akan Minta Ganti Rugi Pemilik Truk yang Mogok di Rel Perlintasan Sragen
tribunjateng/suharno/facebook
KA Malabar hantam truk yang mogok di perlintasan kereta api di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2016) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan pihaknya akan menuntut ganti rugi kepada sopir atau pemilik truk pengangkut alat berat yang tertabrak KA Malabar di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2016) malam.

"Kerugian yang kami alami cukup besar sehingga kami akan menuntut ganti rugi. Ini juga sebagai pembelajaran masyarakat supaya mematuhi rambu lalu-lintas atau tidak menerobos palang perlintasan saat sudah tertutup," ujarnya, Minggu (30/10/2016).

Eko menjelaskan sebenarnya petugas perlintasan sudah berlari menuju ke sinyal terdekat saat mengetahui ada truk macet dan KA Malabar akan melintas.

Namun meski sudah menyalakan lampu merah tanda berhenti, akan tetapi masinis tidak memiliki jarak yang cukup untuk menghentikan laju keretanya dengan kecepatan yang cukup tinggi.

"Saat itu kecepatan 80 hingga 90 kilometer per jam dan jarak sinyal terdekat dengan perlintasan hanya 600 meter. Padahal untuk menghentikan kereta berkecepatan 60 kilometer per jam membutuhkan jarak satu kilometer. Jadi ini harus panjang lagi," sambungnya.

Eko belum tahu kenapa truk pengangkut alat berat macet di perlintasan kerera api. Tetapi sesuai undang-undang, tidak disengaja ataupu disengaja, truk yang bersalah. (*)

Penulis: suharno
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved