Bedah Rumah Veteran Tahap II Dilaksanakan Mulai Senin, di Jateng Ada 34 Unit

Pelaksanaan bedah rumah milik pejuang veteran kemerdekaan RI yang dilakukan PT Semen Indonesia bersama TNI masih berlanjut

Bedah Rumah Veteran Tahap II Dilaksanakan Mulai Senin, di Jateng Ada 34 Unit
TRIBUNJATENG/DENI SETIAWAN
Ilustrasi. FOTO - Sejumlah veteran memegang miniatur rumah yang merupakan gambaran hasil bedah rumah milik para veteran yang dilakukan oleh BUMN bersama TNI. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pelaksanaan bedah rumah milik pejuang veteran kemerdekaan RI yang dilakukan PT Semen Indonesia bersama TNI masih berlanjut.

Kamis (10/11/2016), telah diselesaikan 17 unit dan diserahkan hasilnya kepada veteran.

"Itu adalah tahap pertama dan mulai pekan depan atau tepatnya Senin (14/11/2016) direncanakan untuk pelaksanaan tahap kedua yang jumlahnya juga akan membedah sebanyak 17 unit rumah veteran yang tersebar di tiga wilayah," kata Kasiter Korem 073/Makutarama Mayor Inf Himawan Teddy Laksono kepada Tribun Jateng, Jumat (11/11/2016).

Dia menjabarkan, sesuai data hasil survei yang telah dilakukan tim Semen Indonesia, secara rinci proses bedah rumah itu dilaksanakan untuk 3 unit di Kabupaten Kendal, 11 unit di Kabupaten Demak, dan 3 unit di Kabupaten Kudus. Yang apabila ditotal adalah 17 unit di tahap kedua ini atau total keseluruhan adalah 34 unit di Jawa Tengah.

"Untuk proses bedah rumah tersebut, diperkirakan akan selesai pada 13 Desember 2016 mendatang. Adapun teknisnya adalah gotong royong baik dari tim bedah rumah Semen Indonesia, TNI (Kodim) di tiap wilayah, maupun masyarakat setempat. Dalam pendanaan, tiap rumah masing-masing teranggarkan Rp 40 juta atau sama seperti di tahap pertama," terangnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Bedah Rumah Veteran Semen Indonesia Sri Wachyuningsih mengutarakan, bedah rumah veteran itu adalah inisiasi dari Kementerian BUMN RI yang kemudian dikerjasamakan dengan pihak TNI maupun pemerintah daerah. Sesuai pembagian tugas, pihaknya bertanggungjawab untuk wilayah Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Yang di NTT sebanyak 17 unit sudah selesai. Tinggal yang di Jawa Tengah yang masih tersisa sebanyak 17 unit. Akhir tahun ini sudah selesai semua atau totalnya sebanyak 51 unit rumah milik veteran kemerdekaan. Secara keseluruhan untuk program yang dipersiapkan sejak Juli 2016 lalu itu, total anggaran yang digelontorkan adalah sekitar Rp 2,7 miliar," jelasnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved