Inilah Empat Prediksi Politik dan Survei yang Meleset Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Politisi, jurnalis dan lembaga survei juga pernah salah prediksi. Berikut ini beberapa prediksi politik yang meleset paling terkenal sepanjang sejarah

Inilah Empat Prediksi Politik dan Survei yang Meleset Paling Terkenal Sepanjang Sejarah
Biography.com
Franklin D. Roosevelt 

TRIBUNJATENG.COM -- Politisi, jurnalis dan lembaga survei ternyata pernah salah dalam memprediksi perkembangan politik. Di dunia politik menjelang pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah, kita sering menjumpai berbagai survei yang menampilkan prediksi hasil pemilihan.

Sayangnya, tak semua survei berlandaskan pada metode ilmiah. Politisi, jurnalis dan lembaga survei juga pernah salah prediksi. Berikut ini beberapa prediksi politik yang meleset paling terkenal sepanjang sejarah.

Berikut ini beberapa prediksi politik yang meleset paling terkenal sepanjang sejarah.

 Gerakan bawah tanah Napoleon

napoleon bonaparte
Napoleon Bonaparte

Ketika Republik Kedua Prancis menghelat pemilihan presiden pertama pada tahun 1848, kaum elit berpikir bahwa Jenderal Louis Eugène Cavaignac akan dengan mudah mengalahkan saingannya, Louis-Napoleon Bonaparte, yang merupakan keponakan dari Napoleon I.

Secara mengejutkan, pemenangnya justru Bonaparte. Dengan mengunggulkan kombinasi antara naluri kerakyatan dan pertahanan hukum serta ketertiban, dengan kharismanya sebagai keponakan Napoleon I, ia memenangkan hati masyarakat pedesaan.

Bonaparte merupakan presiden pertama dan terakhir republik tersebut. Sebab, empat tahun kemudian, ia mengangkat dirinya sendiri sebagai kaisar.

Roosevelt menang lagi

Franklin D. Roosevelt
Franklin D. Roosevelt

Tahun 1936, media mingguan Literary Digest begitu percaya diri meramalkan bahwa Republik Alf London akan mengalahkan Partai Demokrat yang berkuasa dibawah pimpinan Franklin Delano Roosevelt .

Prediksi tersebut meleset. Roosevelt justru memenangkan pemilihan diseluruh negara, kecuali dua negara bagian, dan memenangkan dua pemilihan presiden selanjutnya.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved