Destinasi Jateng

Kemegahan Tiga Gunung Bisa Dinikmati dari Sini, BHC Kopeng Favorit Baru Wisata Sekitar Semarang

Bukit Harapan Cuntel merupakan destinasi baru yang kini mulai menjadi favorit wisatawan

Kemegahan Tiga Gunung Bisa Dinikmati dari Sini, BHC Kopeng Favorit Baru Wisata Sekitar Semarang
Tribun Jateng/Raka F PujanggaMaulana Ramadhan
BHC Kopeng 

TRIBUNJATENG.COM -  Jika ingin mendapat view yang cantik di kawasan pegunungan, sempatkan diri untuk berkunjung ke kawasan kopeng di kaki gunung merbabu.

Selain dikenal karena udaranya yang sejuk, Kopeng memiliki pemandangan yang indah.

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi di kawasan kopeng adalah Bukit  Harapan Cuntel atau BHC yang berlokasi di dekat basecamp pendakian Gunung Merbabu via Cuntel di dusun Cuntel, Kopeng, Getasan kabupaten Semarang.

BHC Chuntel
BHC Chuntel

Bukit Harapan Cuntel merupakan destinasi baru yang kini mulai menjadi favorit wisatawan.

Ando, pengelola kawasan wisata BHC, mengatakan, BHC mulai dibuka sebagai obyek wisata sejak tahun 2013. Sementara ia baru dari April 2016 lalu menggantikan ayahnya mengelola Bukit Harapan Cuntel.

“Ini sudah mulai dari 2013 lalu, tapi dulu masih sederhana belum kayak gini. Masih belum terkonsep banget lah,” ujar Ando

Dari atas bukit cuntel terlihat pemandangan Gunung Andong dan bukit Telomoyo. Jika cuaca sedang cerah, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Prau juga terlihat.

Untuk menambah kenyaman, tersedia juga ayunan serta gazebo di sekitar bukit.

Yang menjadi favorit bagi wisatawan untuk berfoto adalah spot yang tersedia dengan background pohon akasia dekuren yang sudah mati tapi tetap tinggi menjulang.

pohon akasia decurren yang sudah mati jadi spot favorit
Pohon akasia dekuren yang sudah mati jadi spot favorit

Pohon ini menurut Ando memang sudah ada dari dulu karena merupakan tanaman endemik yang tumbuh di kawasan Gunung Merbabu. Sengaja dipertahankan karena menambah keindahan Bukit Harapan Cuntel sendiri.

“Pohonnya memang sudah ada dari dulu. Itu pohon akasia dekuren, yang memang tumbuhan endemik di Gunung Merbabu. Begitu sudah mati, sengaja dibiarkan seperti itu,”

Untuk berfoto dengan latar belakang pohon akasia disediakan tangga oleh pengelola.

Nama Bukit Harapan Cuntel sendiri dipilih untuk membedakan dengan obyek wisata di Cuntel lainnya seperti gardu pandang Cuntel.

“Ya itu untuk membedakan saja. di bawah kan sudah ada gardu pandang cuntel, biar pengunjung tidak bingung kita kasih nama Bukit Harapan Cuntel,” Jelas Ando

Untuk mengunjungi obyek wisata ini pengunjung hanya perlu membayar seribu rupiah sebagai biaya masuk kawasan Kopeng dan Rp 2 ribu per orang untuk memasuki kawasan Bukit Harapan Cuntel. (Maulana Ramadhan/magang Tribun Jateng)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved