Destinasi Jateng

Tubing Berbeda Dengan Rafting, Ini Alat-alat yang Wajib Ada saat Tubing Menaklukkan Sungai

Hampir mirip dengan arung jeram pada umumnya, tetapi tubing biasanya dilakukan di sungai yang sempit dan jeram yang rapat

Tribun Jateng/Irzal Adiakurnia
Peralatan yang harus dipake saat tubing 

TRIBUNJATENG.COM - River tubing, merupakan salah satu atraksi wisata yang mengiurkan bagi penyuka wahana adrenalin.

Hampir mirip dengan arung jeram pada umumnya, tetapi tubing biasanya dilakukan di sungai yang sempit dan jeram yang rapat separti Sungai Senatah di Karanganyar dan Sungai Kreo di Semarang.

Perbedaan bentang alam tersebut membuat peralatan yang digunakan keduanyapun berbeda.

Persiapan sebelum tubing
Persiapan sebelum tubing

Tribun Jateng merangkum berbagai peralatan yang harus ada saat river tubing, dari pengelola river tubing, Senatah Adventur Karanganyar, Jawa Tengah.

1. Ban yang sudah dilengkapi webing

Dalam river tubing, wisatawan akan menaiki perahu dari ban truk satu persatu, setiap orang menaiki ban nya masing-masing. Namun, tak sembarang ban, ban yang digunakan ialah bekas ban dalam truk kontainer, yang dapat melindungi tubuh manusia dari sisi kanan dan kiri.

Ban truk tersebut kemudian dilengkapi webing, atau tali khusus outdoor di bagian bawahnya. Tali-temali ini berfungsi menjaga bagian pantat dari wisatawan saat melewati jeram yang ada batu di bawahnya.

2. Body protector

Body protector pun menjadi hal yang mutlak untuk wisatawan river tubing. Dari mulai helm untuk kepala, pelindung siku sampai lengan, juga pelindung lutut hingga tulang kering kaki.

Semua body protector tersebut tentu yang berstandar, memiliki kekuatan di bagian luar dan lembut dengan busa tebal di bagain dalam. Selain itu tali strap-nya pun tidak boleh longgar, agar tetap melekat di titik-titik yang dilindungi seperti ujung siku.

river tubing

3. Pelampung khusus

Pelampung yang digunakan dalam river tubing diusahakan berbusa tebal dan berbahan luar kain yang tak mudah robek. Kain tersebut biasa digunakan untuk bahan tas gunung ataupun jaket, sehingga tak mudah sobek saat bergesekan dengan batu.

4. Sepatu karet atau sandal gunung

Saat wisatawan jatuh atau terlempar dari ban, kaki akan menginjak batuan-batuan tajam di dasar sungai tersebut. Maka disarankan menggunakan sepatu karet ataupun sandal gunung. (Irzal Adiakurnia/magang tribunjateng)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved