Breaking News:

Polres Salatiga Bakal Rutin Tes Psikologi untuk Anggotanya

Senin (21/11/2016) pagi bertempat di Pendopo Sasana Tri Brata Mapolres Salatiga, sekitar 76 anggota kepolisian Polres Salatiga berkumpul

Polres Salatiga Bakal Rutin Tes Psikologi untuk Anggotanya
TRIBUNJATENG/DENI SETIAWAN
Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudianto OK

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Senin (21/11/2016) pagi bertempat di Pendopo Sasana Tri Brata Mapolres Salatiga, sekitar 76 anggota kepolisian di wilayah hukum Polres Salatiga berkumpul.

Mereka memperoleh instruksi dari Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudianto untuk mengikuti Mapping Psikologi Rekam Jejak Sisbinkar Polri atau Tes Psikologi yang dilaksanakan bersama Tim Psikologi Polda Jateng.

Menurut Kapolres Salatiga AKBP Happy dalam keterangannya kepada Tribun Jateng, Senin (21/11/2016), kegiatan itu menjadi bagian penting bahkan sangat penting untuk menghindari terjadinya penyimpangan perilaku anggota yang disebabkan oleh beban pikiran atau permasalahan yang menimpa tiap individu di institusinya. Karena itu pula, tes tersebut bakal digelar rutin di Polres Salatiga.

"Setiap anggota Polri dalam menjalankan tugasnya, tak terkecuali dalam bidang operasional perlu didukung phisik maupun psikis yang sehat. Kami tidak ingin kejadian di beberapa wilayah yang menimpa anggota terjadi di Salatiga. Belakangan ini, tak sedikit anggota yang terindikasi yang mengalami gangguan psikis sehingga cenderung mengambil jalan pintas seperti bunuh diri," terang Kapolres kepada Tribun Jateng.

Bahkan, lanjutnya, tak dimungkiri pula ada potensi-potensi mereka melampiaskan melalui mengkonsumsi narkoba ketika ada masalah atau dalam kondisi stress berat. Secara umum, tes psikologi bersama Polda Jateng tersebut pihaknya ingin selalu mengajak seluruh anggota dapat menjalankan tugas atau amanah di lingkungan Mapolres Salatiga secara sepenuh hati dan dalam keadaan riang gembira.

"Ajakan itu selalu kami sampaikan di berbagai kesempatan pula. Jika sejak awal sudah merasa terbebani atau bahkan tidak senang terhadap tugasnya, kami yakini hasilnya tidak akan membawa berkah, baik untuk diri sendiri, oranglain, maupun negara ini. Jika ada masalah, kami juga selalu harapkan mereka mau menyampaikannya agar dapat dicarikan solusi bersama. Jadi, masalah pun bisa menjadi ringan dan bisa cepat terselesaikan," terangnya.

Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP I Nyoman Suasma menambahkan, dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 tersebut diikuti 76 anggota, termasuk dirinya. Sebenarnya terdaftar 85 orang, tetapi 9 di antaranya sedang berkegiatan di Polda Jateng sehingga belum bisa mengikutinya. Adapun yang memimpin kegiatan tersebut adalah Kompol Margini, psikolog dari tim Biro Sumberdaya Manusia (SDM) Polda Jateng.

"Yang kami ikuti tadi seperti tentang kecerdasan, potensi, dan kepribadian. Itu adalah program wajib di Polri sebagai bagian dari menelusuri rekam jejak anggota. Tes tersebut berfungsi pula sebagai bahan pertimbangan dalam penempatan atau sebagai bahan rekomendasi ketika ada anggota hendak menjalankan pendidikan pengembangan serta kejuruan ke depannya," ucap AKP I Nyoman. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved