Marketshare Honda Jadi Nomor Dua, Hanya Kalah dari Toyota

Di tengah kondisi ekonomi yang masih lesu, dan berpengaruh terhadap penjualan otomotif di Jawa Tengah.

Marketshare Honda Jadi Nomor Dua, Hanya Kalah dari Toyota
Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Branch Manager Honda Gajah Mada, Herman Huta mengenalkan produk HRV Mugen yang memiliki bumper, pelek, dan spoiler asli buatan Mugen Jepang, Kamis (24/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di tengah kondisi ekonomi yang masih lesu, dan berpengaruh terhadap penjualan otomotif di Jawa Tengah.

Ternyata hal tersebut tak terlalu berpengaruh untuk mobil merek Honda, karena marketsharenya dapat tumbuh hingga mencapai 20 persen pada tahun ini. 

Branch Manager Honda Gajah Mada, Herman Huta mengatakan, pada 2016 pihaknya dapat meraih marketshare sebanyak 16.980 unit kendaraan atau 20 persen.

"Pencapaian marketshare ini membuat kami peringkat kedua setelah Toyota. Tapi menyalip merek apa jangan disebut, nanti tersinggung," selorohnya, Kamis (24/11/2016).

Dia menjelaskan, secara jumlah diakuinya mengalami penurunan karena pada 2015 lalu tercapai 17.831 unit atau marketshare-nya 17 persen.

"Jumlah unitnya turun, tapi marketshare-nya naik. Karena merek yang lainnya mengalami penurunan secara jumlah, sehingga kami naik marketshare-nya," ujar dia.

Untuk penjualan mobil Honda yang paling besar di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, masih didominasi untuk varian Brio Satya sebanyak 392 unit yang berkontribusi sebesar 25 persen dari seluruh penjualan.

Kemudian disusul Mobilio sebanyak 342 unit, yang berkontribusi 22 persen. Diikuti HRV 1.5 sebanyak 288 unit atau berkontribusi 18 persen.

Selanjutnya BRV sebanyak 236 unit atau berkontribusi 15 persen, dan terakhir Jazz terjual 166 unit atau sekitar 11 persen.

"Brio masih menjadi varian yang penjualannya terbanyak, karena di kelasnya yang masih menggunakan tiga silinder. Untuk Brio Satya ini sudah menggunakan empat silinder," ujar dia.

Lebih lanjut, sebulan terakhir ini juga telah hadir varian baru dari HRV yakni HRV Mugen yang menggunakan bumper, spoiler, pelek, dan stiker asli buatan Jepang.

HRV spesial edisi tersebut setiap bulannya hanya tersedia 1-2 unit, dan diler Honda Gajah Mada masih menjual satu unit untuk produk tersebut.

"HRV Mugen ini hadir di Semarang masih satu bulan terakhir. Penjualannya belum banyak karena diproduksi terbatas," ujar Ketua Sauto Semarang tersebut. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved