Destinasi Jateng

Patung Bunda Maria di Ambarawa Ini Diklaim yang Tertinggi di Dunia, Karya Tiga Seniman Lokal Lho

Patung Bunda Maria Assumpta ini mendapatkan penghargaan sebagai patung Bunda Maria tertinggi di dunia oleh Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID)

Patung Bunda Maria di Ambarawa Ini Diklaim yang Tertinggi di Dunia, Karya Tiga Seniman Lokal Lho
Tribun Jateng/maulana ramadhan
Patung Bunda Maria dari kejauhan. 

TRIBUNJATENG.COM - Satu yang menjadi daya tarik di komplek Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) adalah adanya patung Bunda Maria yang diklaim sebagai yang tertinggi di Dunia.

Dari kejauhan patung itu sudah terlihat tinggi menjulang. Namanya Patung Bunda Maria Assumpta. Patung ini berada tidak jauh dari lokasi Gua Maria.

Patung Bunda Maria dari kejauhan
Patung Bunda Maria dari kejauhan.

Jika lokasi Gua Maria dan Taman doa bersebelahan, Patung Bunda Maria ini berada di satu kawasan dengan area parkir dan camping ground.

Patung Bunda Maria Assumpta ini mendapatkan penghargaan sebagai patung Bunda Maria tertinggi di dunia oleh Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID) dengan total ketinggian 42 meter.

Bangunan patung sendiri berdiri setinggi 23 meter dan ketinggian penopangnya 19 meter.

Dijelaskan oleh staf kesekretariatan GMKA, Septiarso, Patung Bunda Maria Assumpta merupakan hasil karya seniman lokal Ambarawa.

“Patung itu adalah karya tiga orang seniman asli Ambarawa. Ada RBA. Koentjoro BP, RA. Nugroho Adi P dan RA. Hartanto Agung Y. Mulai dibangun Bulan Januari 2015 dan Bulan Agustus 2015 diresmikan oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Johannes Pujasumarta,” jelas Septiarso.

Pengunjung mengambil foto kemegahan patung Bunda Maria
Pengunjung mengambil foto kemegahan patung Bunda Maria

Di bagian penopang Patung Bunda Maria ini juga dihiasi oleh diorama yang menggambarkan tujuh duka Bunda Maria.

Patung dibuat dengan menghadap ke kearah matahari terbit untuk menggambarkan bahwa Bunda Maria menyinari seluruh manusia.

Pengunjung yang datang ke kompleks GMKA umumnya akan mengambil foto di sekitar patung untuk mengabadikan kemegahan patung Bunda Maria.

Pemandangan pegunungan disekitar Patung Bunda Maria
Pemandangan pegunungan disekitar Patung Bunda Maria

Apabila mengambil dari sudut yang sedikit jauh akan terlihat pemandangan pegunungan yang membuat keindahan patung yang tegak berdiri tersebut dengan potret pegunungan disekitarnya. (Maulana Ramadhan/magang tribunjateng)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved