Jelajah Museum dan Sejarah

Belajar Sejarah di Museum Mandala Bhakti Semarang, Gratis!

Museum ini, menyimpan berbagai benda yang menjadi saksi perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Belajar Sejarah di Museum Mandala Bhakti Semarang, Gratis!
Tribun Jateng/maulana ramadhan
Museum Perjuangan Mandala Bhakti 

TRIBUNJATENG.COM - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak dicapai dengan mudah. Dari Sabang sampai Merauke terjadi banyak peristiwa perlawanan yang dilakukan oleh para prajurit dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai generasi penerus, wajib bagi kita menghargai jasa-jasa para pahlawan. Mengingat kembali bagaimana gigihnya perjuangan mereka, menjadi salah satu caranya.

Di Kota Semarang, terdapat museum yang dengan lengkap mengabadikan berbagai peristiwa perjuangan yang dialami oleh Bangsa Indonesia. Namanya Museum Perjuangan Mandala Bhakti.

Salah satu koleksi Senjata di museum Mandala Bhakti
Salah satu koleksi Senjata di museum Mandala Bhakti

Museum ini, menyimpan berbagai benda yang menjadi saksi perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mulai dari persenjataan, seragam, alat komunikasi, dokumentasi, narasi hingga alat bedah yang digunakan selama masa perang. Ragam koleksi ini tersimpan di tiap-tiap ruangan yang berbeda.

Persenjataan yang disimpan mulai dari senjata yang menjadi ikon perjuangan rakyat Indonesia, bambu runcing, senjata api, senjata pelontar dan senjata yang masih digunakan oleh TNI hingga saat ini.

Panser dan Mobil Pemancar
Panser dan Mobil Pemancar

Dikatakan oleh Gandung Raharjo, pemandu wisata Museum Mandala Bhakti, senjata-senjata ini diperoleh dari peperangan yang terjadi di daerah.

“Senjata-senjata ini asli. Diperoleh dari dari peristiwa-peristiwa peperangan di berbagai daerah. Ada yang merupakan senjata hasil rampasan dari penjajah sampai yang tradisional seperti bambu,” ujar Gandung.

Ruangan-ruangan yang terdapat di museum ini antara lain ruang peristiwa, ruang laswi atau laskar wanita, ruang senjata dan amunisi, ruang seragam angkatan darat atau gamad, ruang pelestarian kerja panglima kodam, ruang cacat veteran, perpustakaan, aula sampai laboratorium. Total museum Mandala Bhakti memiliki 30 ruangan dengan 2 lantai.

Pengunjung sedang memperhatikan penjelasan dari pemandu
Pengunjung sedang memperhatikan penjelasan dari pemandu

Pada ruang peristiwa, tersimpan berbagai catatan peristiwa perjuangan bangsa ini. Seperti pertempuran lima hari di semarang, palagan ambarawa, pemberontakan DI/TII, Permesta/PRRI, Trikora, Serangan umum 1 Maret dan banyak lagi.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved