Jaksa Agung Beberkan Alasan Mengapa Tidak Menahan Ahok

Prasetyo menjawab pertanyaan Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa di ruang rapat Komisi III DPR, Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Editor: a prianggoro
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Joko WIdodo berdiskusi dengan Jaksa Agung Prasetyo 

TRIBUNJATENG.COM- Jaksa Agung H.M Prasetyo mengungkapkan alasan tak menahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Meskipun Gubernur DKI Jakarta nonaktif telah ditetapkan sebagai tersangka.

Prasetyo menjawab pertanyaan Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa di ruang rapat Komisi III DPR, Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

"Ingin memperjelas apa alasan Kejaksaan Agung tidak menahan Ahok?" tanya Desmond.

Prasetyo lalu menjelaskan penahanan terhadap Ahok tidak mutlak. "Tentunya pertanyaan ini bisa ditanyakan kepada Polri juga, kenapa tidak ditahan Polri," jawab Prasetyo.

Prasetyo melihat pertimbangan subyektif dan obyektif terkait kasus dugaan penistaan agama sehingga Ahok tidak serta merta dilakukan penahanan. "Mereka koperatif, yang kita dengar dari Polri juga seperti itu," kata Prasetyo.

Prasetyo mengatakan pihaknya juga melihat kepentingan yang lebih besar. Apalagi, kata Prasetyo, perkara Ahok sudah menyimpang dari kebijakan yang diterapkan dengan Polri.

Dimana, proses hukum calon kepala daerah akan ditunda ketika menghadapi Pilkada. Tetapi, kasus Ahok tetap dilaksanakan. "Disamping itu juga ada SOP. Dimana Polri tidak menahan, dan kita menghargai apa yang dilakukan Polri," kata Prasetyo. (Tribunnews/Ferdinand Waskita)

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved