BPKB Palsu Beredar di Jawa Tengah, Harganya Rp 6,5 Juta- Rp 12,5 Juta

Aparat Polres Wonosobo berhasil mengungkap jaringan pemalsu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang diotaki oleh seorang warga Kudus, Jawa Tengah.

BPKB Palsu Beredar di Jawa Tengah, Harganya Rp 6,5 Juta- Rp 12,5 Juta
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menunjukkan barang bukti kasus pemalsuan BPKB di Mapolres Wonosobo, Kamis (8/12). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO- Aparat Polres Wonosobo berhasil mengungkap jaringan pemalsu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang diotaki oleh seorang warga Kudus, Jawa Tengah.

Selain mengamankan 6 unit kendaraan berikut 3 buah BPKB Aspal serta puluhan barang bukti lainnya, polisi juga menangkap 6 tersangka. Sementara seorang lainnya masih dalam pencarian.

Dalam gelar kasus yang dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono di Mapolres Wonosobo, Kamis (8/12) kemarin, terungkap, pelaku rupanya sudah beroperasi selama 7 bulan terakhir.

"Modus yang digunakan adalah dengan menggunakan material BPKB asli yang didapat dari lelang leasing. Kemudian dilakukanlah perubahan pada identitas kendaraan yang disesuaikan dengan pesanan," katanya, Jumat (9/12).

Para tersangka dijerat dengan pasal 263 atau 264 KUHP tentang pemalsuan dokumen otentik dengan ancaman hukuman maksimal 8 tahun penjara.

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah membeberkan pengungkapan kasus tersebut, berawal dari laporan surveyor kredit sebuah Bank di Wonosobo yang mencurigai BPKB untuk agunan kredit.

"Benang pengamannya sudah putus dan nomor BPKB-nya berbeda antara yang tertera dengan di STNK," kata Kapolres Wonosobo.

Atas laporan itu, Polres lantas melakukan penangkapan terhadap 2 tersangka, yakni Luthfi dan Ulin pada 18 Nopember 2016. Keduanya merupakan warga Wonosobo yang mengajukan kredit tersebut. Dari keterangan mereka, diketahui bahwa mereka memesan BPKB Aspal itu dari seorang perantara.

Berbekal informasi tersebut, Polisi kemudian melakukan penangkapan terhadap perantara, Ipung, warga Kudus, di Kompleks Terminal Mendolo Wonosobo, pada dua hari berikutnya, 20 Nopember 2016.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved