Warga Kota Semarang Keluhkan Tutupnya Puskesmas Saat Libur

Loket puskesmas yang berada di depan dan biasa melayani masyarakat yang ingin berobat tertutup rapat.

Warga Kota Semarang Keluhkan Tutupnya Puskesmas Saat Libur
youtube
FOTO ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wagiyanto (44), warga yang tinggal di Kawasan Industri Candi Blok 23 A Semarang, mengeluhkan tutupnya fasilitas layanan kesehatan tingkat satu di hari libur, Senin (12/12).

Siang kemarin sekitar pukul 13.00, Wagiyanto berencana ingin berobat ke puskesmas terdekat karena batuk yang tak kunjung membaik.

Ia pun mendatangi Puskesmas Ngaliyan di Jalan Wismasari, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Namun, ia harus kecewa melihat puskesmas tutup.

"Seharusnya pelayanan kesehatan seperti ini tidak tutup, kasihan kalau ada masyarakat yang ingin bertobat," tuturnya.

Wagiyanto pun mempertanyakan nasib masyarakat yang tinggal jauh dari rumah sakit dan hanya ada fasilitas kesehatan seperti puskesmas, atau masyarakat dengan keterbatasan ekonomi.

"Apa orang sakit harus menempuh jarak jauh hanya untuk berobat? Itupun kalau dia punya uang untuk transportasi, kalau tidak bagaimana?" tukasnya.

Saat Tribun Jateng menyambangi lokasi, Puskesmas Ngaliyan tampak lengang, hanya terlihat tiga ambulans yang terparkir dan beberapa motor.

Loket puskesmas yang berada di depan dan biasa melayani masyarakat yang ingin berobat tertutup rapat.

Adapun, warga sekitar Puskesmas Ngaliyan yang enggan disebutkan namanya, mengatakan, pada tanggal merah dan minggu puskesmas itu memang tutup, tapi unit rawat inapnya buka selama 24 jam.

Tidak terlihat
"Tadi pagi setahu saya memang tutup, tapi untuk rawat inap ada yang jaga sampai malam. Rawat inap puskesmas tidak terlihat dari luar, jadi bagi yang ingin berobat dan tidak tahu kalau ada rawat inap di situ ya pada pulang. Harusnya diberi tanda ada unit rawat inap 24 jam di puskesmas," urainya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono, saat dihubungi Tribun Jateng, menerangkan, puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap buka 24 jam.

"Ada 11 puskesmas di Kota Semarang yang buka pada hari libur, terutama yang memiliki fasilitas rawat inap. Puskesmas Ngaliyan adalah satu di antaranya," paparnya.

Widoyono mengungkapkan, jam operasional Puskesmas Ngaliyan yang berada di bagian depan, atau untuk berobat jalan hanya sampai siang hari.

"Setelah siang pelayanan loket puskesmas depan sudah tutup, kemudian pelayanan beralih ke unit rawat inap," jelasnya. (TRIBUNJATENG/CETAK)

Penulis: budi susanto
Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved