HEBAT, Ternyata Kabupaten Brebes Jawara Peduli HAM

Kabupaten Brebes meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia atau HAM.

HEBAT, Ternyata Kabupaten Brebes Jawara Peduli HAM
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO/humas
PEDULI HAM - Asisten I Sekda Brebes, Athoillah menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM yang diserahkan langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Kabupaten Brebes meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, beberapa waktu lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Brebes Athoillah, sebagai perwakilan Plt Bupati Brebes.

Penghargaan tersebut diberikan dalam puncak Peringatan HAM se-Dunia Ke-68 2016 bersama 228 kabupaten/kota se-Indonesia.

"Alhamdulillah, Brebes menjadi satu kabupaten penerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM. Penghargaan ini, merupakan prestasi masyarakat Brebes yang didukung kebijakan pemkab terkait dalam pembinaan dan pembangunan HAM," kata Athoillah dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Kamis (15/12/2016).

Menurutnya, dengan diraihnya penghargaan ini, pihaknya berharap kepedulian dan penegakan HAM di Brebes semakin optimal. Di samping pula, Pemkab Brebes yang terus menjunjung tinggi dan peduli terhadap nilai- nilai HAM.

"Melalui pengharagaan ini, diharapkan akan lebih meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. Penghargaan ini sekaligus merupakan pengakuan atas berbagai upaya dan kerja keras bersama membela hak-hak asasi manusia di Brebes," ujar Ketua PC NU Brebes itu.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar seluruh aparatur lebih giat lagi bekerja. Serta mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat agar apresiasi pemerintah pusat itu jadi lebih bermakna.

"Penghargaan yang kedua kalinya ini bukanlah tujuan. Tapi, sebagai penyemangat," imbuhnya.

Sementara, Kepala Bagian Hukum Sekda Brebes, Yuta Sugihyarti menambahkan, ada peningkatan nilai yang diraih Brebes bila dibandingkan tahun lalu. Pada 2015 hanya mendapatkan nilai 80, sedangkan pada 2016 ini mendapatkan nilai 82,5.

"Dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 25 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Permenkumham Nomor 11 Tahun 2013 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM. Penghargaan yang diberikan ini hasil penilaian Kementerian pada 2015," jelas Yuta. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved