Bank Jateng Jadi Satu-Satunya BPD yang Raih Penghargaan Sustainability Reporting Award 2016

Ajang Sustainability Reporting Award digagas National Center for Sustainability Reporting (NCSR)

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Jateng kembali meraih penghargaan. Kali ini, Bank Jateng meraih penghargaan Sustainability Reporting Award (SRA) 2016 sebagai second runner up kategori financial services 2016 dari National Center for Sustainability Reporting (NSCR) pada malam SRA Award 2016.

Penghargaan ini diterima Bank Jateng pekan lalu. Dimana Bank Jateng merupakan satu-satunya Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang menerima penghargaan dalam kategori tersebut.

Penghargaan diserahterimakan oleh Ketua Board NSCR dan Advisor di Kementrian Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja, kepada Direktur Bisnis Bank Jateng, Pujiono.

Pujiono mengatakan, sejak tahun 2012 Bank Jateng telah menerapkan pembuatan sustainability report dengan standar global reporting initiative (GRI) sebagai komitmen Bank Jateng untuk menjadi perusahaan good corporate governance (GCG) dengan wujud transparansi dalam menjalankan bisnis Bank.

Menurutnya, sustainability Report sangat penting bagi Bank Jateng dalam mempertanggungjawabkan bisnis yang dijalankan. Bukan hanya kepada para pemegang saham tetapi juga kepada publik. Terutama kaitannya dengan kepedulian sosial dan pelestarian lingkungan sekitar.

"Kami menyadari masih banyak aspek yang bisa diperbaiki pada laporan berkelanjutan yang kami miliki. Namun kami yakin ini merupakan bagian dari komitmen dan proses pembelajaran yang harus dijalani Bank Jateng dalam ruang lingkup pembangunan berkelanjutan," kata Pujiono, dalam rilisnya, Minggu (18/12/2016).

Laporan berkelanjutan atau yang lebih dikenal dengan sustainability report sendiri merupakan media yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengkomunikasikan kebijakan dan inisiatif yang dilakukan sejalan dengan kebijakan ekonomi, lingkungan dan sosial dari organisasi tersebut.

Pelaporannya disusun mengikuti suatu standar pelaporan yang mengaitkan inisiatif dan kebijakan tersebut dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

Pada Penghargaan SRA 2016 ini telah diberikan dalam 9 kategori yang terdiri dari Financial Services Category, Energy Category, Mining and Metal Category, Gas and Petroleum Category, Infrastructure category, Manufacturing Category, Combined Report Category, Small and Medium Enterprises Category, dan Overseas Category.

"Adalah suatu karunia sekaligus kado spesial bagi Bank Jateng atas Komitmen kami selama ini dalam penerapan Good Corporate Governance. Kami bangga menjadi satu-satunya Bank Pembangunan Daerah yang meraih juara bersanding dengan bank-bank papan atas," ujar Pujiono.

Ketua juri SRA 2016, Sarwono Kusumaatmadja mengungkapkan, meskipun saat ini pelaporan berkelanjutan masih bersifat sukarela, pada akhir tahun 2016 sendiri total 120 perusahaan telah menerbitkan laporan keberlanjutan di Indonesia.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada semua peserta dalam kompetisi. Mudah-mudahan lebih banyak perusahaan di Indonesia akan menjadi sadar bahwa pelaporan berkelanjutan sangat penting untuk membangun dan mengembangkan bisnis bersama pemangku kepentingan," ucapnya.

Ajang Sustainability Reporting Award digagas National Center for Sustainability Reporting (NCSR), sebuah lembaga independen yang mendampingi, mengembangkan dan menilai kinerja para perusahaan yang berkomitmen melaksanakan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved