Ratusan Personel Polri dan TNI di Grobogan Dikerahkan dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Operasi ini ditandai dengan apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2016 di halaman Mapolres Grobogan, Jumat (23/12/2016)

Penulis: m zaenal arifin | Editor: muslimah
istimewa
Kapolres Grobogan melakukan pengecekan kesiapan pasukan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Operasi Lilin Candi 2016 untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 telah dimulai. Ratusan personel baik dari Polri maupun TNI dikerahkan di jalanan dan di gereja-gereja untuk melakukan pengamanan.

Operasi ini ditandai dengan apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2016 di halaman Mapolres Grobogan, Jumat (23/12/2016).

“Polri memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Sehingga dapat menjalankan ibadah dan perayaan pergantian tahun dengan aman, nyaman dan tertib, kami tidak under estimate dan tetap meningkatkan kewaspadaan,” kata Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning SIK MH, dalam keterangannya melalui whatsapp.

Kapolres menjelaskan, apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi terjadinya aksi teror yang memanfaatkan momentum Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Pengamanan perayaan Natal hingga Tahun Baru, yang dilakukan dari 23 Desember 2015 hingga 1 Januari 2016 tersebut melibatkan 479 personel baik dari unsur kepolisian maupun instasi samping.

Sementara Apel gelar pasukan diikuti oleh anggota Kodim Grobogan satu pleton, 4 pleton anggota dari Polres Grobogan, 1 pleton dari Dishub Grobogan, 1 pleton dari SatPol PP, 1 pleton dari Banser dan 1 pleton dari Saka Bhayangkara.

Kapolres Grobogan juga menambahkan, sebelum dimulainya Operasi Lilin, Polres Grobogan menggelar pengamanan pada gereja yang terlebih dahulu melaksanakan perayaan Natal. Selain itu, Polres Grobogan juga menggelar operasi cipta kondusif dari 9 sampai dengan 22 Desember 2016.

Data sementara sampai dengan tanggal 21 Desember dengan hasil pengungkapan kasus – kasus menonjol dalam ops cipta kondusif antara lain ungkap kasus 3 kasus (currat 1 kasus dan curranmor 2 kasus). Pengungkapan kasus narkoba dengan 2 kasus dan 5 tersangka. Hasil lainnya yaitu premanisme sebanyak 2 kasus dan 9 tersangka.

Kasus lain yang menjadi atensi bagi Polres Grobogan yaitu perjudian dan pemberantasan minuman keras di wilayah Kabupaten Grobogan, dengan hasil berhasil mengungkap 7 kasus perjudian berikut 9 tersangka.

Sedangkan hasil dari operasi mirras berhasil menyita berbagai jenis mirras berbagai jenis (369 liter arak, 615 botol arak dan 3.974 botol mirras berbagai jenis). (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved