Puskesmas Karangrayung Grobogan Launching Maklumat Pelayanan Kesehatan

Launching ditandai pendatanganan banner berisi pernyataan komitmen dan kesanggupan memberikan pelayanan sesuai dengan standar

Puskesmas Karangrayung Grobogan Launching Maklumat Pelayanan Kesehatan
istimewa
Kepala Puskesmas Karangrayung 2, Pujiyono, menandatangani Maklumat Pelayanan Kesehatan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Sebagai wujud komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dan akuntabel, Puskesmas Karangrayung 2 melaunching Maklumat Pelayanan (MP) yang telah berhasil disusunnya di aula setempat, Selasa (27/12/2016).

Acara launching yang dihadiri oleh manajemen internal Puskesmas Karangrayung 2 dan tokoh masyarakat setempat, juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Grobogan Dokter Johari Angkasa, Camat Karangrayung Hardimin, dan Ketua Forum Masyarakat Madani Kesehatan Ibu dan Anak (FMM KIA) Kabupaten Grobogan, Dokter Henny Sutrisno.

Kepala Puskesmas Karangrayung 2, Pujiyono, SKM, M.Kes, menyatakan MP yang diluncurkan puskesmas yang dipimpinnya telah melewati uji publik dua kali dengan menghadirkan perwakilan dari FMM KIA Kabupaten Grobogan dan FMM KIA Kecamatan Karangrayung, serta pihak terkait lainnya.

“Sehingga MP yang kami luncurkan insyaallah telah mengakomodasi, baik kemampuan kami sebagai penyedia layanan, kebutuhan masyarakat sebagai pengguna layanan, dan kondisi lingkungan, sebagaimana amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” katanya, dalam rilis kepada Tribun Jateng, Rabu (28/12/2016).

Kepala DKK Grobogan Dokter Johari Angkasa dalam sambutannya menyatakan, MP adalah semacam kesepakatan tentang janji pelayanan antara penyedia layanan, dalam hal ini Puskesmas Karangrayung 2, dengan masyarakat sebagai pengguna layanan. MP harus ditepati dan menjadi acuan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Johari, MP bersifat dinamis, bisa berubah menyesuaikan kondisi yang ada. Masyarakat, misalnya, sebagai pengguna layanan bisa mendorong atau memberi masukan agar puskesmas melengkapi pelayanannya dengan peralatan tertentu. Atau bisa pihak puskesmas sendiri yang berinisiatif untuk melengkapinya.

Sementara itu Ketua FMM KIA Kabupaten Grobogan Dokter Henny Sutrisno mengapresiasi Puskesmas Karangrayung 2 yang telah begitu responsif dan antusias dalam menjalani proses penyusunan MP.

"MP merupakan pintu masuk untuk membangun akuntabilitas publik. Kami mendorong seluruh puskesmas di Kabupaten Grobogan memiliki maklumat pelayanan sebagai wujud komitmen untuk menuju pelayanan yang berkualitas, profesional, dan akuntabel," tuturnya.

Launching ditandai pendatanganan banner berisi pernyataan komitmen dan kesanggupan memberikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh Kepala Puskesmas Karangrayung 2, diikuti Kepala DKK Grobogan Dokter Johari Angkasa, Ketua FMM KIA Kabupaten Grobogan Dokter Henny Sutrisno, Camat Karangrayung Hardimin, Kapolsek Karangrayung Aiptu Sukardi, Danramil Karangrayung Kapten Inf Isbandi, dan Ketua FMM KIA Kecamatan Karangrayung Sujatmi. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved