Tahun Baru 2017

Pengunjung Sikunir Dieng Berjubel Begini, Pemilik Homestay Kehabisan Kamar

Pengunjung Sikunir Dieng Wonosobo Berjubel Begini, Pemilik Homestay Kehabisan Kamar

Pengunjung Sikunir Dieng Berjubel Begini, Pemilik Homestay Kehabisan Kamar
tribunjatehg/khoirul muzaki
Pengunjung Sikunir Dieng Berjubel Begini, Pemilik Homestay Kehabisan Kamar, 31 Desember 2016 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, DIENG- Sudah sepuluh hari ini, Ridhoi (42), warga Desa Sembungan, Dieng Wonosobo total menanggalkan pekerjaannya merawat tanaman kentang di ladang.

Lima kamar homestay yang ia sewakan untuk wisatawan telah terisi semua, selama libur natal dan tahun baru 2017. Ridhoi pun memilih fokus melayani pelanggan yang dinilainya lebih menguntungkan.

"Sepuluh hari ini saya gak sempat ke kebun, karena sibuk melayani tamu yang menginap. Saya menyuruh orang mengurus tanaman saya," katanya, Minggu (1/1).

Pengunjung Sikunir Dieng Berjubel Begini kamas homestay habis
Pengunjung Sikunir Dieng Berjubel Begini, Pemilik Homestay Kehabisan Kamar, 31 Desember 2016

Ridhoi adalah pemilik rumah yang sekaligus ia fungsikan sebagai homestay di kompleks wisata Bukit Sikunir Dieng. Ia memiliki lima kamar berfasilitas kamar mandi dalam, plus televisi untuk memanjakan pelanggannya.

Momentum libur Natal dan tahun baru 2017 membawa berkah tersendiri baginya. Lima kamar yang ia sewakan dengan tarif Rp 400 ribu setiap kamar permalam telah terpesan.
Bahkan, kata dia, pemesanan kamar telah dilakukan oleh pelanggan dari luar kota sejak sebulan sebelum liburan.

"Sebenarnya banyak yang masih mau pesan kamar, tapi kami tidak bisa melayani. Aturan di sini, warga hanya boleh menyewakan maksimal lima kamar untuk wisatawan," katanya

kentang wonosobo dieng
ilustrasi

Bukan hanya homestay milik Ridhoi yang laris dipesan. Ridhoi yang juga pengelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sikunir mengungkapkan, seluruh homestay di desa wisata Sembungan telah terisi penuh.

Semenjak objek wisata bukit Sikunir ramai dikunjungi wisatawan, pertumbuhan penginapan rumah di desa wisata terus meningkat. Saat ini, kata Ridhoi, terdapat ratusan homestay yang dikelola warga. Sementara yang terdaftar resmi melalui Pokdarwis Sikunir sekitar 60 home stay.

kawasan dieng kawah sikidang wonosobo jateng
Wisatawan Bisa Foto Selfie dengan Burung Hantu di Bibir Kawah Sikidang Dieng

"Home stay ini berbasis pemberdayaan. Banyak warga mendirikan homestay. Sehingga keuntungan bisa dinikmati secara merata oleh warga,"katanya (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved