Kapal Terbakar

Zahro Express Langganan Paket Wisata Pulau Tidung

Kapal Zahro Express terbakar ketika melakukan pelayanan rutin pada jalur wisata Jakarta-Pulau Tidung, Minggu (1/1) pagi.

Zahro Express Langganan Paket Wisata Pulau Tidung
bbc/TNI AL
Kapal penumpang Zahro Express yang terbakar mengangkut ratusan orang mau piknik, Minggu 1 Januari 2017. Teridentifikasi sudah sekitar 23 orang meninggal 

TRIBUNJATENG.COM- Kapal Zahro Express terbakar ketika melakukan pelayanan rutin pada jalur wisata Jakarta-Pulau Tidung, Minggu (1/1) pagi. Dikutip dari publikasi paket wisata ke Pulau Seribu, kapal Zahro adalah kapal berbahan fiberglass. Material fiberglass diaplikasikan pada dinding, lantai, maupun tempat duduk penumpang. Diduga, material fiberglass ini lumer pada kebakaran yang melanda kapal tersebut.

Kapal Zahro Express merupakan kapal yang banyak dicantumkan dalam penawaran-penawaran paket wisata ke Pulau Tidung di Kepulauan Seribu. Dalam tawaran paket wisata, tarif Zahro Express tidak dijelaskan secara rinci.

Harga paket wisata ke Pulau Tidung pun bervariasi. Misalnya, paket wisata dua hari satu malam untuk dua orang, harganya Rp 730 ribu per orang. Untuk rombongan 9-10 orang, harganya menjadi Rp 330 ribu per orang.

Harga tersebut sudah meliputi tiket Zahro Express pergi pulang, makan, penginapan, permainan, foto, pemandu, dan sebagainya. Publikasi lain menyatakan, tarif tiket Zahro Express adalah Rp 200 ribu untuk perjalanan pergi pulang..

Tarif tersebut sedikit di atas tarif kapal tujuan Pulau Tidung tercantum pada tabel perjalanan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Pada tabel tersebut, tarif kapal dari Muara Angke ke Pulau Tidung adalah Rp 87 ribu untuk ruangan ber-AC dan Rp 45 ribu untuk yang non-AC. Tarif tersebut hanya untuk satu perjalanan, dari Muara Angke ke Pulau Tidung.

Sedangkan kapal milik pemerintah mematok tarif Rp 50 ribu per orang untuk perjalanan Muara Angke-Pulau Tidung. Lama perjalanan dari Muara Angke ke Pulau Tidung adalah antara 2,5 jam hingga 3 jam.

Kapal Berpenumpang 190 Orang mau Piknik Hangus Terbakar, Begini Kondisi Korban
Sebuah kapal penumpang terbakar di perairan Teluk Jakarta, pada Minggu (01/01) sehingga menyebabkan terdapat korban meninggal dunia.

Kapal Zahro Express berkapasitas sekitar 250 orang. Tempat duduk di kapal tersebut adalah bangku-bangku berwarna putin yang disusun ke samping dan ke belakang. Setiap bangku panjang warna putih tersebut berkapasitas empat orang.

Seluruh bangku itu disusun menghadap ke depan dan di bagian depan tersebut terdapat televisi layar datar yang dipasang pada langit-langit ruangan. Pada setiap penawaran paket wisata ke Pulau Seribu, Zahro Express diklaim sebagai kapal ber-AC, dilengkapi dispenser air panas dan dingin, serta memiliki dua toilet yang bersih.

Perjalanan ke Kepulauan Seribu dari Jakarta juga bisa dilakukan dari dermaga Marina Ancol. Kapal yang tersedia di Marina adalah kapal-kapal cepat yang tarifnya bisa mencapai Rp 160 ribu per orang untuk satu kali perjalanan. (tribunjateng/cetak/gle/wah/yog)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved