BEGINI Nasib Bambang Tri Penulis Buku Jokowi Undercover Setelah Ditangkap Polisi

BEGINI Nasib Bambang Tri Penulis Buku Jokowi Undercover Setelah Ditangkap Polisi. Bambang Tri Mulyono adik kandung Bambang Sadono DPD RI

BEGINI Nasib Bambang Tri Penulis Buku Jokowi Undercover Setelah Ditangkap Polisi
TRIBUNJATENG/CETAK
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar tunjukkan buku Jokowi Undercover yang ditulis oleh Bambang Tri. Bambang Tri sudah ditangkap polisi 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Keluarga menyatakan tak tahu menahu tentang motif Bambang Tri Mulyono (45) menulis buku Jokowi Undercover, yang akhirnya mengantarkannya ke penjara. Mabes Polri menangkap dan menahan Bambang karena isi bukunya tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap fitnah dan menebarkan kebencian.

Tak sulit menemukan kediaman Bambang Tri di Dusun Jambangan, Desa Sukorejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Tempat tinggalnya tak begitu jauh dari pusat Kota Blora, sekitar 7 kilometer ke arah barat. Keluarga Bambang Tri cukup terpandang di kampung halaman sastrawan terkemuka, Pramoedya Ananta Toer, itu. Di lingkungan keluarga maupun sekitar, ia karib disapa Mas Mul.

Foto Bambang Tri berfoto bersama dengan Fadli Zon
Foto Bambang Tri berfoto bersama dengan Fadli Zon

Ia merupakan bungsu dari enam bersaudara. Kakak sulungnya, Endang Suhartini (62), adalah mantan peting‎gi atau kepala desa (Kades) Sukorejo, dan sampai saat ini masih menjabat sebagai Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Tunjungan. Sementara, kakak keduanya adalah Bambang Sadono, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kelompok DPD RI, sekaligus Ketua Badan Pengkajian MPR RI, periode 2014 - 2019.

Matahari hampir tepat berada di atas kepala, saat Tribun Jateng, menyambangi kompleks kediaman Bambang Tri. Terdapat tiga bangunan di kompleks tersebut: satu bangunan berbentuk mirip pendopo di tengah, satu rumah sederhana di bagian depan samping kiri, serta bangunan bertingkat di belakang pendopo.‎ Di pendopo, tampak kursi dan meja panjang dijajar rapi. Di sana, juga terpajang sebuah foto bergambar Bambang Sadono, bersalaman dengan Presiden Jokowi. ‎‎

Seorang perempuan berusia di atas 30 tahun‎, terlihat sedang memberi pakan beberapa ayam, yang berada di dalam sebuah kandang portabel, di halaman samping kanan pendopo. Tak jauh dari tempat ia berdiri, di samping bangunan bertingkat, terdapat dua ekor kambing.‎ Perempuan berambut sebahu dan berkaus biru‎ itu adalah Desi (34), yang tak lain merupakan istri dari Bambang Tri.

Ia ramah saat menyambut kedatangan Tribun Jateng. Hanya, saat disinggung mengenai buku karya suaminya: Jokowi Undercover, ia mengaku tak banyak mengetahui detailnya.

Menurut dia, kemungkinan sang suami mulai menggarap buku kontroversial itu pada sekitar tahun 2014. "Saya tak tahu pasti, karena Bapak tak pernah cerita, saya juga gak pernah tanya-tanya," katanya. "Itu urusannya bapak. Dulu, saat awal-awal saya pernah tanya, tapi beliau langsung menjawab tegas: 'Gak usah ikut campur, ini urusan saya sama Jokowi'. Sejak itu, saya tak pernah tanya-tanya lagi," sambung perempuan asal Purwokerto, Kabupaten Banyumas itu, Selasa (3/1).‎

Endang Suhartini, kakak sulung Bambang Tri Mulyono
Endang Suhartini, kakak sulung Bambang Tri Mulyono, menunjukkan foto Bambang Tri saat masih muda. Bambang Tri penulis buku Jokowi Undercover ditangkap polisi.

Beternak ayam

Menurut dia, s‎ehari-hari suaminya tak banyak beraktifitas di luar rumah. Waktunya diisi dengan beternak ayam dan mengurus kambing. "Hanya, kalau malam sering baca-baca buku. Selanjutnya, terkadang mengetik di laptop. Ngetik apa saya juga gak tahu," akunya.

Disampaikan lebih lanjut, di kompleks rumah itu‎ ia sekeluarga bertempat di sebuah kamar sederhana, yang berada di pojok bawah bangunan berlantai dua. "Bisa dibilang numpang di rumah kakak," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: yayan isro roziki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved