Breaking News:

Destinasi Jateng

VIDEO: ​Mengejar Matahari di Phuntuk Setumbu, Keindahannya Tersohor hingga Mancanegara

Dari atas bukit dengan ketinggian sekitar 1.300 meter dari permukaan air laut itu, Anda bisa melihat indahnya aurora matahari terbit

Editor: muslimah
tribunjateng/wahyu sulistiawan
VIDEO Ini Dia Keindahan Sunrise di Punthuk Setumbu Borobudur, Selasa (2/6/2015) 

TRIBUNJATENG.COM - Magelang yang memiliki banyak dataran tinggi dan perbukitan memang menyuguhkan banyak tempat pemandangan eksotik. Salah satunya untuk melihat matahari terbit, yaitu di Phuntuk Setumbu.

Phuntuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Hanya sekitar tiga kilometer ke arah barat dari kawasan Candi Borobudur, wisatawan biasanya berangkat dari desa-desa wisata Borobudur.

Dari atas bukit dengan ketinggian sekitar 1.300 meter dari permukaan air laut itu, Anda bisa melihat indahnya aurora matahari terbit dari atas siluet Candi Borobudur yang diselimuti kabut pagi.

Untuk mengunjunginya Anda perlu berngkat sangat pagi, bahkan tak jarang yang menginap di homestay warga dekat lokasi Phuntuk Setumbu.

Anda bisa sampai di depan kawasan wisata ini sekitar pukul 04.20 WIB (paling lambat). Karena Anda perlu treking dari sana sekitar 500 meter dengan medan menanjak. Treking tersebut bisa memakan waktu 30 hingga 45 menit.

Setelah itu, ketika hampir sampai sekitar 100 meter sebelumnya Anda diharuskan membayar tiket masuk di gerbang wisata Phuntuk Setumbu. Untuk wisatawan lokal tiket dijual seharga Rp 15.000, sedangkan untuk wisatawan asing Rp 30.000.

Lelah menaiki ratusan anak tangga, sampailah Anda di suatu bukit. Sejauh mata memandang ada kehijauan. Dengan udara dingin yang sangat menyejukkan, carilah posisi paling enak untuk bersiap memandangi keindahan sunrise.

Lihatlah tepat ke depan atau arah timur mata angin, Anda akan tertakjub saat melihat matahari terbit diatas gugusan siluet Candi Borobudur yang dibalut halusnya embun pagi.

Tepat di garis lurus, di belakang Candi Borobudur terlihat Candi Pawon dan Candi Mendut. Sementara di sebelah kiri Anda juga terdapat pemandangan seperti kepala ayam, itu adalah Bukit Rhema atau yan terkenal dengan “Gereja Ayam”.

Pemandangan matahari terbit di Phuntuk Setumbu ini tersohor hingga ke mancanegara. Terlihat dari banyaknya wisatawan mancanegara yang hadir untuk menyaksikan pemandangan tersebut.

Lihat videonya di sini:

(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved