Icip icip Kuliner

Teksturnya Beda, Steak Tempe Disiram Saus Kacang Jadi Perpaduan yang Unik, Nikmati di Kafe MGM

Dikatakan Alexa, yang membedakan steak tempe dengan steak kebanyakan adalah teksturnya

Teksturnya Beda, Steak Tempe Disiram Saus Kacang Jadi Perpaduan yang Unik, Nikmati di Kafe MGM
Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas
Steak tempe dihidangkan sebagai menu alternatif bagi Anda yang bosan menikmati steak dari bahan daging. 

TRIBUNJATENG.COM - Umumnya, steak dibuat dari bahan daging ayam atau daging sapi. Namun, MGM Cafe yang bertempat di Jalan Cenderawasih, Kawasan Kota Lama, Semarang memberikan pilihan berbeda bagi para pengunjung. Pengunjung dapat memesan steak yang dibuat dari tempe.

Alexandra Tri Tantya, pengeloa kafe yang menempati gedung pertunjukan kuno di Kota Lama, Semarang membeberkan, menu ini mulanya hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang merupakan seorang vegetarian.

“Ada pelanggan yang selalu datang ke sini selalu pesennya tempe goreng atau mendoan. Lalu pengen makan steak tapi jangan daging. Lahirlah steak tempe,” ujar perempuan yang merupakan anak dari Tan Linggo Sapto, penggiat Kawasan Kota Lama.

Dikatakan Alexa, yang membedakan steak tempe dengan steak kebanyakan adalah teksturnya. Kedelai sebagai bahan baku dasar untuk membikin tempe masih tertinggal di steak yang dihidangkan.

Steak tempe
Steak tempe dihidangkan sebagai menu alternatif bagi Anda yang bosan menikmati steak dari bahan daging.

Tidak ada bumbu khusus yang dipakai untuk melumuri steak tempe ini. Bumbu dapur seperti merica, garam, bawang putih, serta bumbu lainnya diracik halus lalu dicampurkan dengan tempe. Selanjutnya tempe dibalur dengan tepung steak.

Dalam satu porsi steak tempe, dihidangkan dua kotak tempe beserta kentang goreng, irisan buncis, dan potongan wortel. Di atas steak, ditusukkan bendera kecil yang bertuliskan identitas kafe yang beratap seperti perahu terbalik.

Saus yang diguyurkan ke steak tempe ada empat jenis yakni creamy, brown, balck pepper, dan sambel kacang. Saus sambel kacang sengaja disisipkan untuk menampilkan kesan tradisional yang bersanding dengan modern.

Selain menu steak tempe, ada pula kreasi steak lainnya seperti steak ayam dan steak sosis.Menu steak tempe ditawarkan dengan harga Rp 20 ribu. Tersedia juga paket hemat yakni aneka steak dan es teh bisa diperoleh dengan harga Rp 25 ribu.

Steak tempe menjadi alternatif makanan bagi Anda yang bosan dengan steak yang dibikin dari bahan-bahan itu saja. Anda yang seorang vegetarian juga tak perlu kesulitan mencari makanan modern tanpa campuran daging. (Shela Kusumaningtyas/magang tribunjateng)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved