Agar Akses Kredit Dipermudah Segera Daftar IUMK

Dengan sudah terdaftar di IUMK maka UMKM yang bersangkutan sudah memiliki legalitas dari pemerintah

TRIBUNJATENG/M NUR HUDA/dok
Bank Jateng luncurkan program Suku Bunga Rendah (Subure) yang mendapat respon positif dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berharap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) segera mendaftar izin usaha mikro dan kecil (IUMK).

"Dengan sudah terdaftar di IUMK maka UMKM yang bersangkutan sudah memiliki legalitas dari pemerintah," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Simpan Pinjam Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Sondhy Purwoko di Semarang, Rabu (11/1).

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, hingga saat ini, jumlah UMKM yang sudah terdaftar di IUMK mencapai 39.278 usaha. Setiap hari, angka tersebut meningkat seiring upaya sosialisasi yang dilakukan dinas terkait.

Sondhy mengatakan, manfaat mendaftar IUMK di antaranya, memperoleh akses mengikuti pameran yang dilaksanakan pemerintah maupun swasta, dan terdaftar di sistem informasi kredit program (SIKP) yang memberi peluang mengakses fasilitas kredit dari perbankan maupun lembaga keuangan lain.

"Bukan berarti pasti dapat kredit tetapi paling tidak, ada kemudahan akses menuju ke sana," katanya.

Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, Sondhy menyebut, belum ada satu pun UMKM di Kabupaten Wonogiri mendaftar IUMK.

"Kami tidak tahu apa penyebabnya padahal selama ini kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Koperasi setempat," katanya.

Terkait hal itu, dalam waktu dekat, pihaknya akan berkunjung ke Kabupaten Wonogiri guna mengurai permasalahan yang terjadi dan mendapatkan solusinya. (ant/ira)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved