Hati-hati Bicara di Pesawat, Gara-gara Ucapan Ini 2 Jamaah Umroh Ini Ditahan Polisi Arab Saudi

Mereka adalah Tri Ningsih (50) warga Dusun Pilangsari, Desa Beji, Kecamatan Beji dan Umi Widayani (56) warga Jalan Bendosolo, Desa Pogar

Hati-hati Bicara di Pesawat, Gara-gara Ucapan Ini 2 Jamaah Umroh Ini Ditahan Polisi Arab Saudi
Adrian Dennis/AFP/Getty Images via National Geographic
Ilustrasi pesawat 

TRIBUNJATENG.COM, PASURUAN -- Dua jamaah umroh asal Pasuruan ditahan petugas keamanan Arab Saudi di Jeddah. Informasinya, dua orang ini ditahan sejak 11 Januari 2017 sampai sekarang.

Dua orang ini dianggap membawa barang mencurigakan saat hendak terbang ke Indonesia.

Mereka adalah Tri Ningsih (50) warga Dusun Pilangsari, Desa Beji, Kecamatan Beji dan Umi Widayani (56) warga Jalan Bendosolo, Desa Pogar, Kecamatan Bangil.

Berikut kronologi penangkapan dua jamaah umroh tersebut.

1. 31 Desember 2016, satu keluarga yang terdiri dari empat orang asal Pasuruan menjalankan ibadah umroh bersama Sepinggan Travel. Mereka adalah Triningsih Kamsir Warsih (50) warga Dusun Pilangsari, Beji, Beji, Umi Widayani Djaswadi (56), Lyan Widia (31) dan Mohammad Andono (60) warga Jalan Bendosolo, Pogar, Bangil.

2. Mereka menjalankan ibadah umroh selama sembilan hari bersama 59 jamaah lain yang berangkat menggunakan Sepinggan Travel.

3. 11 Januari 2017 sekitar pukul 18.30, rombongan dijadwalkan pulang ke Indonesia. Namun, sebelum berangkat Umi yang semula duduk bersama Andono mendadak tukar tempat karena ingin duduk bersama Tri.

4. Saat bersamaan, pramugari membantu Tri yang sedang menata tasnya di kabin. Karena terasa sangat berat, pramugari menanyakan isi tas Tri itu.

5. Umi yang saat itu berada di sebelah Tri, menjawab dengan bahasa indonesia, “Kalau dari Arab ya bawa oleh-oleh, masa bawa bom”. Niatan Umi itu hanya bercanda dengan pramugari tersebut.

6. Hal sepele itu justru jadi bumerang. Pramugari melapor ke kokpit , dan pilot Royal Brunei Airlines langsung menghubungi petugas kemanan dan otoritas bandara.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved