Pengguna Android Bisa "Googling" Tanpa Internet

Dengan mode offline, hasil pencarian disimpan ketika Anda tak dapat koneksi lalu diberikan ketika Anda sudah kembali terkoneksi

Pengguna Android Bisa
istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM- Ada kalanya pengguna smartphone Android ingin "googling" atau mencari informasi di kolom pencarian Google, namun terkendala koneksi internet yang buruk. Misalnya ketika berada di dalam lift, di studio musik, atau di tempat-tempat susah sinyal lainnya.

Google hendak mengatasi masalah tersebut dengan menghadirkan fitur pencarian offline pada aplikasi Google Search untuk Android (bukan browser internet). Aplikasi ini biasanya terdapat di halaman Home smartphone Android di deretan atas.

Anda kini bisa menelusuri informasi-informasi tertentu di mesin pencari tanpa terkoneksi dengan internet. Namun, hasil pencarian akan ditunda.

Ketika Anda berhasil terkoneksi dengan internet, Google akan memberikan notifikasi bahwa hasil pencarian dari kata kunci yang Anda masukan sebelumnya sudah tersedia.

Cukup tekan notifikasi itu, lalu Anda akan otomatis dialihkan ke aplikasi Google. Informasi yang hendak diperoleh pun langsung tercantum. Tak perlu lagi masuk manual ke aplikasi dan mengetik ulang kata kunci.

"Dengan mode offline, hasil pencarian disimpan ketika Anda tak dapat koneksi lalu diberikan ketika Anda sudah kembali terkoneksi," begitu tertera pada blog resmi Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (20/1/2017).

Ini bukan kali pertama Google merilis mode offline untuk layanannya. Sebelumnya, mode tanpa koneksi internet sudah tersedia di Google Maps dan Google Translate.

Hanya saja, mekanisme pada Search sedikit berbeda. Pada Maps dan Translate, pengguna harus mengunduh informasi lokasi atau terjemahan yang dirasa penting terlebih dahulu.

Tentu saja pengunduhan butuh koneksi internet yang lancar atau jaringan WiFi. Setelahnya, ketika koneksi data dimatikan, pengguna tetap bisa mengakses lokasi dan terjemahan yang sebelumnya sudah diunduh.

Mode offline pada Search tak menggunakan mekanisme pengunduhan, tetapi penundaan. Intinya, mode ini diharapkan mampu mempermudah pengguna untuk menelusuri segala informasi dengan cepat, meski sempat terdistraksi gangguan koneksi.

Untuk menikmati fitur ini, Anda harus memperbarui aplikasi Google di Android melalui Play Store. KompasTekno sendiri sudah mencobanya dan berhasil.

Anda cukup menggulir apllikasi ke kiri untuk bertemu dengan opsi "Settings". Selanjutnya pilih "Offline Search" dan aktifkan "Always Retry Searches".

Semua penelusuran yang Anda lakukan kala sedang offline bisa dilihat di opsi "Manage Searches". Selamat mencoba! (Kompas.com)

Editor: a prianggoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved