Breaking News:

Waduh, Limpasan Sungai Dombo di Sayung Kini Berupa Lumpur

Limpasan sungai Dombo yang meluber di beberapa desa seperti Pilangsari hingga Sayung Sabtu (21/1/2017)sekarang berupa lumpur.

Penulis: rival al manaf | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF/ist
Limpasan sungai Dombo yang meluber di beberapa desa seperti Pilangsari hingga Sayung Sabtu (21/1/2017)sekarang berupa lumpur. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Limpasan sungai Dombo yang meluber di beberapa desa seperti Pilangsari hingga Sayung Sabtu (21/1/2017) berbeda dengan biasanya. Jika biasanya luberan air membanjiri perkampungan hari itu berbentuk lumpur.

Tidak heran jika jalanan di kanan-kiri sungai dan pekarangan warga menjadi penuh lumpur. Hal itu diutarakan Kepala Desa Sayung, Munawir, Minggu (22/1/2017).

"Sekang (banjir) sudah surut, namun karena bercampur lumpur warga harus bersusah payah membersihkan jalan dan pekarangan rumah, makanya tadi ada kerja bakti," tandasnya.

Munawir menilai alat berat yang dikirim untuk normalisasi belum bisa maksimal bekerja karena kendala teknis pelaksanaan.

Eskavator yang bisa mengapung di sungai tidak ada sehingga pengerukan hanya di lakukan di tepian sungai dan belum menyeluruh.

"Hal itu membuat sedimentasi lembek yang berbentuk lumpur tersisa di tengah dan saat air naik justru limpas ke kanan kiri," bebernya.

Ia berharap Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana harusn segera menyikapi dengan menggunakan eskavator yang bisa menjangkau di tengah sungai.

"Karena sudah 10 hari 2 alat berat baru mendapat kurang lebih 30 meter disisi bahu kanan kiri talud, itupun juga belum maksimal hasilnya karen masih harus ditata ulang lagi," timpalnya.

Padahal masih ada sedimen besar di tengah sungai hingga membentuk semacam pulau kecil. Menurutnya jika tidak mendatangkan eskavator yang mampu menjangkau sedimen di tengah sungai tidak mungkin bisa dikeruk. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved