Pilkada Brebes

Pemilih Difabel: Ada Petugas TPS yang Tidak Memahami Kebutuhan Kami

Berbagai cara agar pilkada aksesibel bagi difabel dilakukan KPU. Di antaranya menyediakan template atau alat bantu surat suara berhuruf braile

Pemilih Difabel: Ada Petugas TPS yang Tidak Memahami Kebutuhan Kami
Tribun Jateng/Galih Permadi
Polisi berjaga di dekat kotak suara saat rekapitulasi perhitungan suara di Kantor KPU Kota Semarang, Rabu (16/12). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, berjanji agar penyelenggaraan Pilkada Brebes 15 Februari 2017 mendatang dapat memberikan kemudahan kepada pemilih difabel untuk memberikan hak suara.

Berbagai cara agar pilkada aksesibel bagi difabel dilakukan KPU. Di antaranya menyediakan template atau alat bantu surat suara berhuruf braile. Selain itu, bangunan TPS juga disesuaikan dengan kebutuhan difabel.

Jika pemilih berkebutuhan khusus tidak mampu mencoblos, bisa didampingi kerabat atau petugas tempat pemungutan suara (TPS).

Meskipun demikian, kaum difabel Brebes menilai petugas TPS juga harus disiapkan agar memahami kebutuhan disabilitas.

"Selain media pencoblosan untuk pilkada yang ramah difabel, pendamping juga harus disiapkan. Agar mereka mengetahui kebutuhan kami," kata Koordinator Gerakan Difabel Brebes Hebat (G- Debat), Feri Kotro, Kamis (26/1/2017).

Menurutnya, sangat penting untuk memberikan pengarahan kepada semua petugas TPS. Karena, ada 500 difabel yang tersebar di Brebes.

Selain itu, kata dia, terkadang petugas TPS tidak peduli dengan difabel. Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, difabel diperlakukan sama dengan warga normal.

Seharusnya, lanjutnya, kaum difabel didahulukan untuk menggunakan hak suara, tidak perlu mengantre.

Sementara, Komisioner KPU Brebes Divisi Hukum, Maskuri mengaku sudah memperingatkan ke petugas TPS dan menginstruksikan untuk siap menangani difabel.

"Kami sudah memberikan pengarahan kepada petugas TPS agar pemilih difabel bisa terakomodir dan diberlakukan dengan baik," ujarnya.

KPU juga telah meminta kepada seluruh petugas KPPS agar mendirikan TPS di tempat strategis atau bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat, tidak terkecuali para pemilih difabel.(*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved