Libur Panjang Imlek, Penumpang Kereta di Daop 5 Diprediksi Naik

PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 bersiap- siap menghadapi lonjakan penumpang kereta api pada libur panjang Imlek 2017 ini.

Libur Panjang Imlek, Penumpang Kereta di Daop 5 Diprediksi Naik
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Kepolisian Resor Cilacap meningkatkan pengamanan dan kegiatan patroli di beberapa stasiun kereta api di wilayah kabupaten Cilacap. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL-- PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 bersiap- siap menghadapi lonjakan penumpang kereta api pada libur panjang Imlek 2017 ini.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi naik lima persen, PT KAI Daop 5 menambah rangkaian kereta. Sejumlah kereta ditambah menjadi satu gerbong penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengatakan akan ada lonjakan penumpang saat libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Imlek 2568.

"Oleh karena itu, kami menambah satu gerbong kereta sejumlah kereta yang akan ke Jakarta dari stasiun di wilayah Daop 5," kata Ixfan dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jateng, Jumat (27/1/2017).

Penambahan gerbong dilakukan di sejumlah kereta antara lain, Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo- Pasar Senen yang diberlakukan pada 27,28,29, dan 30 Januari 2017. Kutojaya Utara jurusan Pasar Senen Purwokerto pada 28,29,30,31 Januari 2017.

Selain itu, KA Purwojaya jurusan Cilacap- Gambir yang diberlakukan pada 29 dan 30 Januari 2017, KA Sawunggalih Malam jurusan Kutoarjo- Pasar Semen pada 29 Januari 2017, KA Sawunggalih jurusan Pasar Senen- Kutoarjo pada 30 Januari 2017, dan KA Sawunggalih Pagi jurusan Kutoarjo- Pasar Senen pada 29 dan 30 Januari 2017.

Untuk ketersediaan tempat duduk, kata dia, pada 27- 29 Januari 2017, tiket sejumlah kereta sudah habis pada tanggal itu.

"Tiket kereta Loga jurusan Purwokerto- Jember maupun sebaliknya pada 27 hingga 29 Januari sudah ludes terjual," jelasnya.

Meskipun terjadi kenaikan jumlah penumpang, PT KAI Daop 5 tidak mengoperasikan kereta tambahan selama libur Tahun Baru Imlek. Hal itu lantaran jumlah kereta reguler dinilai masih mencukupi.

Daop 5 mencatat setiap hari terdapat delapan keberangkatan kereta jarak jauh yakni KA Sawunggalih Pagi relasi Kutoarjo- Pasar Senen, kemudian KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo Pasar Senen, KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo- Pasar Senen, KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo- Kiara Condong.

Kemudian, KA Serayu relasi Purwokerto- Pasar Senen, KA Purwojaya relasi Gambir- Cilacap, KA Kamandakan relasi Purwokerto- Semarang, dan Logawa relasi Purwokerto- Jember.(*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved