Breaking News:

Jelajah Museum dan Sejarah

Ada Mata Air Tak Pernah Kering di Bawah Bangunan Utama, Yuk Intip Lebih Detil Klenteng Sam Poo Kong

Tiap-tiap bagian bangunan atau kuilnya memiliki sejarah dan maknanya masing masing. Tak hanya itu tiap bangunan pun memiliki fungsi dan daya tarik

Tribun Jateng/Irzal Adiakurnia
Bangunan utama Sam Poo Kong atau Sam Poo Tay Djien. 

TRIBUNJATENG.COM - Salah satu destinasi yang khas dalam perayaan imlek masyarakat Tionghoa sekaligus destinasi yang wajib Anda kunjungi saat di Semarang ialah Sam Poo Kong.

Kumpulan bangunan bersejarah sejak ratusan tahun lalu ini memiliki banyak bagian. Beberapa dibuka untuk umum, tetapi ada juga yang khusus untuk beribadah.

Tiap-tiap bagian bangunan atau kuilnya memiliki sejarah dan maknanya masing masing. Tak hanya itu tiap bangunan pun memiliki fungsi dan daya tarik yang berbeda dari sejarahnya.

Lazimnya wisata religi lainnya, ada tempat-tempat dengan atitude khusus saat dikunjungi.

Sebelum, mengunjunginya Anda pelu memahaminya terlebih dahulu, agar tidak salah perlakuan dan tetap menikmati wisata religi ala Beijing di Semarang tersebut.

Infografis Sam Poo Kong.
Infografis Sam Poo Kong.

Berikut Tribun Jateng rangkum dari keterangan pengelola wisata Sam Poo Kong, juga dengan menggunakan infografis untuk memudahkan pembaca.

1. Bangunan utama Sam Poo Kong atau Sam Poo Tay Djien

Bangunan utama Sam Poo Kong atau Sam Poo Tay Djien.
Bangunan utama Sam Poo Kong atau Sam Poo Tay Djien.

Bangunan utama yaitu Sam Poo Kong. Biasanya klenteng ini digunakan untuk memuja Sam Poo Tay Djien atau Laksamana Ceng Ho.

Semua kegiatan sembahyang berpusat di sini. Sembahyangan dilangsungkan setiap hari atau pada hari besar seperti Imlek dan Cap Gomeh.

Menurut salah satu pemandu, Candra Kurniawan, di bawah bangunan utama ini terdapat Goa Sam Poo yang asli, di dalamnya masih terdapat mata air yang tak pernah kering. Namun, untuk menjaga kemurniannya, dibuat pula Goa Sam Poo buatan di belakang bangunan ini.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved