Pesawat Garuda Tergelincir di Yogya, Begini Keterangan Danlanud Adi Sucipto

Pesawat Garuda Tergelincir di Yogya, Begini Keterangan Danlanud Adi Sucipto, Rabu (1/2/2017) pukul 19.50.

Pesawat Garuda Tergelincir di Yogya, Begini Keterangan Danlanud Adi Sucipto
tribunjogja
Pesawat Garuda tergelincir di Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta pada Rabu (1/2/2017) pukul 19.50. 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA- Hujan deras yang melanda kawasan DIY sejak Rabu sore membuat pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 258, nomor registrasi PK GNK dengan jenis pesawat Boeing 737-800 NG tergelincir.

Pesawat yang mendarat melalui runway 09 tersebut tergelincir ke utara runway side strip 12,5 meter saat mendarat di Bandara Internasional Adusutjipto Yogyakarta pada Rabu (1/2/2017) pukul 19.50.

Komandan Lanud Adi Sucipto, Marsma Pertama Novyan Samyoga menjelaskan pesawat saat itu memiliki visibility atau jarak pandang 2000 meter. Sementara kecepatan anging sekitar 6-10 not.

"Dengan arah angin 6-10 not semua masih masuk parameter aman," jelasnya.

Lanjutnya, pesawat tersebut berada 1500 meter dari posisi pendaratan. Posisi pesawat yang berada di 12,5 meter dari runway membuat runway terpaksa diclose. Close runway tersebut bisa dicabut setelah pesawat dievakuasi menunggu peralatan dari Surabaya.

Pesawat Garuda tergelincir di Bandara Internasional Adusutjipto Yogyakart
Pesawat Garuda tergelincir di Bandara Internasional Adusutjipto Yogyakart

Sementara itu, GM Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama menjelaskan pesawat dari Jakarta tersebut mengangkut 119 orang dengan rincian 115 dewasa, 4 orang balita dan 7 kru dengan pilot Kapten Triyo Kurnia Bahagia. Seluruh penumpang pesawat kemudian mendapatkan pemeriksaan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan dipastikan kondisi selamat dan tidak ada korban.

"Evakuasi sudah dilakukan dan sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing," jelasnya.

"Pesawat yang tertunda kami sudah koordinasi dengan seluruh airline. Yang belum jadi berangkat diberi penginapan," lanjutnya.

Pesawat Garuda GA 258 rute Cengkareng-Yogya tergelincir di bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Rabu malam (1/2/2017) sekitar pukul 19.51 WIB.
Pesawat Garuda GA 258 rute Cengkareng-Yogya tergelincir di bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Rabu malam (1/2/2017) sekitar pukul 19.51 WIB.

Sementara itu untuk investigasi lebih lanjut akan menunggu investigasi dari KNKT. Dijelaskan pula sebelumnya pesawat Nam Air dapat mendarat dengan aman.

Dwi Suryo, Tower Kontroler menjelaskan delapan pesawat gagal mendarat dengan rincian 4 kembali ke landasan awal dan empat pendaratan dialihkan ke bandara lain antara lain Halim, Cengkareng dan Surabaya

"SOP pesawat tergelincir kami langsung berkordinasi dengan atasan kami dan dapat perintah penutupan 3 jam ke depan 23.00," jelasnya

"Secara fisik tidak terlihat kerusakan. Roda tidak patah hanya tertancap di tanah. Dari barat landing menuju ke timur 1.500 keluar ke arah utara," tambah Novyan.

Sementara itu Districk Manager Garuda Indonesia Yogyakarta, Supriyono mengatakan kemungkinan besar faktor tergelincirnya pesawat karena cuaca. (tribunjogja)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved