Defrista Keasikan Belajar Sambil Bermain di Perpusda Jateng

Defrista Afresia, siswi kelas 1 SD Wonotunggal, Batang, tampak asyik bersama sejumlah anak lain, saat mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jaten

Defrista Keasikan Belajar Sambil Bermain di Perpusda Jateng
tribunjateng/budi susanto
GRATIS, Perpustakaan Kota Semarang Sediakan Arena Bermain Anak-anak Plus Tutornya 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Defrista Afresia, siswi kelas 1 SD Wonotunggal, Batang, tampak asyik bersama sejumlah anak lain, saat mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jateng, Jalan Sriwijaya, Semarang, Jumat (3/2) lalu.

"Saya diajak ayah mengunjungi perpustakaan ini. Sebenarnya malas, tapi setelah sampai di sini saya merasa sangat senang. Asyik sekali bisa bermain sambil belajar," ujar, kepada Tribun Jateng.

Perpusda Jateng diketahui menyediakan area khusus untuk anak-anak bermain dan belajar. Ruangan dengan pernik berwarna-warni itupun dilengkapi sejumlah fasilitas bagi anak-anak untuk menonton film dan memainkan game edukasi.

Defrista juga tak ingin ketinggalan memainkan game edukasi lewat komputer yang ada di ruangan itu. Menurut dia, berada di tempat itu lebih menyenangkan daripada di sekolah.

"Di sekolah tidak bisa nonton film-film untuk belajar seperti di sini (Perpusda-Red). Ada guru yang baik juga. Tadi saya diceritakan dongeng tentang Si Kancil," tuturnya.

Defrista menuturkan, dia sangat menyukai pelajaran matematika, dan Perpusda pun menyediakan guru untuk mengajarinya. "PR (pekerjaan rumah) yang diberikan sekolah sudah saya kerjakan, dibantu guru yang ada di sini," urainya.

Adapun, Eva Islamyiah yang mengantarkan tiga putranya ke area bermain di Perpusda Jateng, mengatakan, penyediaan fasilitas umum semacam itu sangat bagus dan bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Kalau ada tempat khusus untuk anak-anak kan sangat membantu orang tua yang ingin membaca di perpustakaan. Anak bisa bermain sekaligus belajar, dan orang tua bisa membaca buku," paparnya.

Eva pun berharap semua fasilitas umum ada tempat khusus untuk anak-anak, seperti di Perpusda Jateng. "Mungkin bisa mencontoh fasilitas di perpustakaan ini," ujarnya.

Staf yang bertugas mengurus area bermain dan belajar di Perpusda Jateng, Sri Hartati menyatakan, ruang bermain disiapkan untuk menarik antusias anak-anak usia dini datang ke perpustakaan.

"Supaya perpustakaan tidak terkesan kaku hanya berisi buku bacaan, sehingga dibuatkanlah area bermain anak," ucapnya.

Tak hanya untuk bermain, dia menambahkan, area itu juga memberikan edukasi pembelajaran dengan media bermain.

"Ada mesin Kids Smart, komputer berisi game edukasi untuk anak-anak, serta ada LCD TV untuk menonton video pembelajaran. Bahkan ada mentor yang siap memberikan bantuan belajar kepada anak-anak tanpa dipungut biaya," tandasnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved