Langka di Dunia, Begini Cerita Dirut RSND Saat Menangani Pasien Bergolongan Darah O Bombay

Itu golongan darah yang termasuk paling langka. Muncul pertama kali di India, ketika ada orang yang diketahui memiliki golongan darah tersebut

Langka di Dunia, Begini Cerita Dirut RSND Saat Menangani Pasien Bergolongan Darah O Bombay
Tribun Jateng/akbar hari murti
Kegiatan donor darah diadakan oleh Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) bekerjasama dengan PMI Kota Semarang, diselenggarakan di Jalan Prof. H. Soedarto S.H, Tembalang, Semarang, Selasa (7/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Susilo Wibowo, Direktur Utama Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) menuturkan bahwa di Indonesia ada beberapa golongan darah yang termasuk langka.

Hal tersebut ia sampaikan kepada Tribun Jateng di sela kegiatan donor darah dalam rangka peringatan ulang tahun pertama Rumah Sakit yang terletak di Jalan Prof. H. Soedarto S.H, Tembalang, Semarang tersebut.

“Golongan darah tersebut di antaranya A negatif, serta ada yang lebih langka lagi namanya golongan darah O Bombay,” ujarnya, Selasa (7/2).

Golongan O Bombay, ia menjelaskan, adalah golongan darah yang cukup jarang ditemui di dunia.

“Itu golongan darah yang termasuk paling langka. Muncul pertama kali di India, ketika ada orang yang diketahui memiliki golongan darah tersebut. Jumlah orang yang memiliki golongan darah tersebut di dunia juga sangat sedikit,” ungkapnya.

Ia pun menceritakan bahwa dirinya pernah menemui 2 kasus kecelakaan di Semarang yang mana kedua korban tersebut memiliki golongan darah yang langka tersebut.

“Pernah saya menangani 2 kecelakaan dimana kedua korban memiliki golongan darah langka. A negatif saat itu ada stok nya di PMI. Sedangkan yang memiliki golongan darah O Bombay, pada akhirnya bisa kami tekan tanpa transfusi darah tersebut karena memang tidak ada,” bebernya.

Ia pun menginginkan bahwa orang di Indonesia yang memiliki golongan darah langka agar mau mendonorkan darahnya.

“Karena kebutuhan akan darah itu bisa sewaktu-waktu. Bila ada misalnya orang di Indonesia yang kebetulan memiliki golongan darah langka seperti O Bombay, A negatif atau yang lain, agar mau mendonorkan darahnya,” tuturnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved