Breaking News:

Legalitas Pernikahan Sejenis di Finlandia Digugat

Parlemen Finlandia, Jumat (17/2/2017) menolak sebuah petisi yang ditandatangani lebih dari 100.000 orang, yang menuntut pencabutan undang-undang

Editor: iswidodo
cnn
GEDUNG PUTIH merayakan legalitas pernikahan sejenis, 26 Juni 2015, malam. Di Finlandia sedang tarik menarik terkait peraturan pernikahan sejenis 

TRIBUNJATENG.COM - Parlemen Finlandia, Jumat (17/2/2017) menolak sebuah petisi yang ditandatangani lebih dari 100.000 orang, yang menuntut pencabutan undang-undang yang melegalkan pernikahan sejenis.

Regulasi baru tersebut akan berlaku di Finlandia mulai 1 Maret 2017 mendatang.

Petisi itu merupakan upaya terakhir yang masih dilakukan warga agar UU yang membuat Finlandia sebagai negara Nordik terakhir yang mengesahkan pernikahan sejenis dicabut.

Negara Nordik adalah negara-negara yang menempati wilayah di Eropa Timur dan Atlantik Utara.

Negara tersebut adalah Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia, dan juga teritori Kepulauan Faroe, Greenland, Svalbard, dan Åland.

Skandinavia kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk negara-negara Nordik, meskipun di negara-negara Nordik kedua di istilah ini dianggap berbeda.

Dalam pemungutan suara kemarin, diperoleh 120 suara berbanding 48 suara, 29 abstain, serta dua tak hadir, yang memenangkan pendirian untuk melanjutkan berlakunya peraturan itu.

Dengan hasil tersebut, parlemen menolak pendirian warga dalam petisi itu, yang meminta agar pernikahan tetap merupakan hubungan antara pria dan wanita, serta menyerukan pembatalan hukum perkawinan bagi "jender netral".

Di Finlandia, petisi apa pun yang ditandatangani setidaknya oleh 50.000 orang akan otomatis dipertimbangkan oleh parlemen.

Pihak yang mendukung petisi kali ini adalah partai populis Finss, yang merupakan salah satu dari tiga partai di negara itu, dan menjadi oposisi bagi kubu Kristen demokrat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved