Breaking News:

Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Akibat MJO, Inilah Imbauan BNPB pada Masyarakat

Madden Julian Oscillation (MJO) adalah fenomena atmosfer yang dapat mengakibatkan bertambahnya hujan di daerah yang dilaluinya.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: abduh imanulhaq
GOOGLE
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG) telah menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir.

Fenomena alam ini diperkirakan terjadi di Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua Barat pada 28 Februari-1 Maret 2017.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun meminta masyarakat waspada.

"Seminggu ke depan hujan lebat akan berpotensi di sebagian besar wilayah Indonesia. Ancaman banjir, longsor, banjir bandang, dan puting beliung akan meningkat," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (27/2/3107).

Peningkatan potensi curah hujan ini disebabkan terdeteksinya Madden Julian Oscillation (MJO).

MJO adalah fenomena atmosfer yang dapat mengakibatkan bertambahnya hujan di daerah yang dilaluinya.

Senin ini, MJO telah memasuki wilayah Samudera Hindia bagian barat dengan intensitas sedang dan menjalar ke arah timur mendekati wilayah Indonesia.

Diperkirakan dalam 4 hingga 5 hari ke depan, MJO akan memasuki wilayah Indonesia melalui Sumatera dan menjalar ke arah timur dengan intensitas lemah.

Adanya dorongan udara kering di atmosfer lapisan menengah yang terdapat di perairan sebelah selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur menimbulkan daerah batas yang cenderung mengakibatkan pertumbuhan awan konvektif yang cukup aktif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved