Pasar Gede Solo akan Dijadikan Rumah Kreatif

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan pemerintah pusat membidik Pasar Gede sisi barat dijadikan rumah kreatif.

Pasar Gede Solo akan Dijadikan Rumah Kreatif
TRIBUNJATENG/SUHARNO
Para pedagang Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, merayakan hari jadi pasar tersebut yang ke 87 tahun, Kamis (12/1/2017) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan pemerintah pusat membidik Pasar Gede sisi barat dijadikan rumah kreatif.

Wali kota yang akrab disapa Rudy ini menjelaskan keberadaan pasar kreatif di lokasi tersebut diharapkan mampu mendukung pengembangan usaha milik masyarakat.

"Pekan lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah meninjau pasar sisi barat dan timur. Hasil kunjungan itu akan dikoordinasikan terlebih dahulu di tingkat kementerian," ujar Rudy, Selasa (28/2/2017).

Para pedagang Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, merayakan hari jadi pasar tersebut yang ke 87 tahun, Kamis (12/1/2017) pagi.
Para pedagang Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, merayakan hari jadi pasar tersebut yang ke 87 tahun, Kamis (12/1/2017) pagi. (TRIBUNJATENG/SUHARNO)

Menurut wali kota, ide pengembangan Pasar Gede sisi barat menjadi rumah kreatif Kementerian BUMN didasari konstruksi bangunan yang mengandung nilai estetika.

Selain itu, Rudy menjelaskan adanya rumah kreatif diharapkan bisa memudahkan pelatihan bagi masyarakat.

"Kementerian BUMN kini memang tengah fokus untuk meningkatkan kreativitas para pengusaha di seluruh Indonesia, termasuk di Solo," sambungnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagiyo menambahkan keberadaan rumah kreatif di Pasar Gede juga diharapkan mampu mendukung pengusaha untuk bersaing merebut pasar internasional.

"Jadi di rumah kreatif tersebut bisa diselenggarakan pelatihan tentang peluang usaha yang menjanjikan, cara mencari pangsa pasar hingga menghadapi persaingan global. Tak ketinggalan pula edukasi tentang kreativitas dan pengetahuan digitalisasi dalam memasarkan produk," papar Subagiyo.

Dikatakannya, rencana pendirian rumah kreatif di Pasar Gede juga sejalan dengan rencana Pemkot dalam bentuk merevitalisasi bangunan pasar berstatus cagar budaya itu. "Seluruh pembiayaan juga akan ditanggung pemerintah pusat. Kami tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk pembuatan rumah kreatif," tandas Subagiyo. (*)

Penulis: suharno
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved