Pendopo Pemkab Kudus Dirasa Tak Ramah Difabel, Begini Pesan Ganjar pada Musthofa

Ganjar saat itu juga menginstruksikan pada bupati yang hadir dalam forum, untuk menindaklanjuti keluhan penyandang disabilitas

Pendopo Pemkab Kudus Dirasa Tak Ramah Difabel, Begini Pesan Ganjar pada Musthofa
TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNA PRADIPHA
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Para penyandang disabilitas merasa selama ini pemerintah belum memberikan perhatian banyak pada mereka. Kebijakan-kebijakan dalam program maupun anggaran pun dinilai belum ada keberpihakan pada disabilitas.

Hal itu diungkapkan salah seorang penyandang tuna daksa dari Jepara, Didik Sugiyanto, saat berdialog dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) Jateng di eks Karesidenan Pati, yang digelar di pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (14/3/2017).

Menurut Didik, para penyandang disabilitas sebenarnya tak ingin menggantungkan pada bantuan. Namun alangkah baiknya jika pemerintah memberikan pelatihan keterampilan bagi penyandang disabilitas.

Sebab selama ini, para kaum difabel masih kesulitan mendapatkan lapangan kerja karena keterbatasan fisik dan keterampilan. Meski ada industri yang mau menyerapnya, itu hanya karena kasihan, bukan pada kompetensi.

"Kami tidak mau dikasihani. Lebih baik, beri kami pelatihan keterampilan agar bisa bekerja secara mandiri," ujarnya saat menyampaikan keluh kesahnya pada Ganjar dalam forum itu.

Selain meminta adanya bantuan pelatihan keterampilan, pihaknya juga mengeluhkan adanya fasilitas publik yang dirasa belum ramah difabel.

Didik juga mencontohkan kondisi Pendopo Kabupaten Kudus, para difabel kesulitan naik ke lantai pendopo karena tak ada jalur untuk difabel.

"Harus digotong orang lain karena tidak ada jalan khusus kursi roda," ujarnya.

Contoh lainnya semisal pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), para difabel kesulitan masuk gedung untuk berobat karena tidak ada fasilitas untuk mereka.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved