Jumlah Napi Bertambah, Lapas Nusakambangan Tingkatkan Pengamanan CCTV

Kakanwil Kemenkumham Jateng Bambang Sumardiono mengatakan, penambahan kapasitas napi itu menuntut adanya peningkatan sistem keamanan di dalam Lapas

Jumlah Napi Bertambah, Lapas Nusakambangan Tingkatkan Pengamanan CCTV
tribunjateng/dok
LAPAS NUSAKAMBANGAN di Cilacap Jawa Tengah. Dalam waktu dekat Indonesia akan melaksanakan eksekusi mati terhadap beberapa napi terpidana mati. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Optimalisasi keamanan Lapas Nusakambangan terus dilakukan seiring dengan adanya penambahan jumlah narapidana di Lapas tersebut. Baru-baru ini, Sabtu (25/3), Lapas Nusakambangan menerima 100 napi pindahan dari Lapas Cipinang.

Kakanwil Kemenkumham Jateng Bambang Sumardiono mengatakan, penambahan kapasitas napi itu menuntut adanya peningkatan sistem keamanan di dalam Lapas.

"Peningkatan kapasitas napi harus diimbangi dengan penguatan sistem keamanan. Kita tidak ingin terjadi gangguan keamanan di dalam Lapas," katanya, Senin (27/3)

Menurut Bambang, pihaknya telah merekomendasikan penambahan 20 CCTV di Lapas Batu untuk peningkatan pengamanan. Penambahan CCTV juga dilakukan di Lapas lain di Nusakambangan, terutama yang menerima pindahan napi dari Jakarta.

Menurut Bambang, penguatan pengamaman Lapas saat ini baru bisa dilakukan melalui optimalisasi teknokogi. Mengingat, jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas melakukan penjagaan Lapas terbatas.

"Jika ada pemindahan napi besar-besaran, artinya napi yang dijaga oleh petugas jadi lebih banyak. Sedangkan petugasnya sedikit. Menolak pemindahan juga tidak mungkin. Jadi kami hanya bisa tingkatkan keamanan melalui IT," katanya

Penambahan jumlah petugas belum bisa dilakukan karena terkait adanya moratorium perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Koordinator Lapas se-Nusakambanhan Abdul Aris mengatakan, kapasitas Lapas Nusakambangan secara keseluruhan, kata Aris, sekitar 3000 orang. Saat ini, Lapas Nusakambangan baru dihuni sekitar 1300 napi.

Dengan demikian, Lapas Nusakambangan masih bisa menampung napi pindahan dari Lapas lain yang kelebihan kapasitas.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved