GEGER, Tiga Ruangan di Kantor Setda Kota Salatiga Disatroni Maling

Senin (3/4/2017) sejumlah PNS di kantor Setda Kota Salatiga heboh. Seusai apel pagi, mereka mendapati laci meja kerja berantakan dibobol maling.

GEGER, Tiga Ruangan di Kantor Setda Kota Salatiga Disatroni Maling
tribunjateng/deni setiawan
Senin (3/4/2017) sejumlah PNS di kantor Setda Kota Salatiga heboh. Seusai apel pagi, mereka mendapati laci meja kerja berantakan dibobol maling. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Senin (3/4/2017) sejumlah PNS di kantor Setda Kota Salatiga heboh. Seusai apel pagi, mereka mendapati laci meja kerja berantakan dibobol maling.

Sebut saja meja Sri Agung Baskoro, pegawai di Bagian Hukum Setda Kota Salatiga. Kunci di kedua laci mejanya rusak dan isinya pun sudah berantakan. Diduga pencuri membuka paksa laci dengan cara mencongkelnya.

Laptop dalam laci pun raib. Tidak hanya meja miliknya, ternyata beberapa meja pegawai pun dalam kondisi serupa. Masih berada di Bagian Hukum Setda Salatiga, dilaporkan ada beberapa uang dan laptop yang hilang.

Senin (3/4/2017) sejumlah PNS di kantor Setda Kota Salatiga heboh. Seusai apel pagi, mereka mendapati laci meja kerja berantakan dibobol maling.
Senin (3/4/2017) sejumlah PNS di kantor Setda Kota Salatiga heboh. Seusai apel pagi, mereka mendapati laci meja kerja berantakan dibobol maling. (tribunjateng/deni setiawan)

Berdasarkan data yang dihimpun Tribun Jateng, Kantor Setda Salatiga kemalingan diduga terjadi hari Sabtu (1/4/2017) atau Minggu (2/4/2017). Terdapat tiga ruangan yang menjadi sasaran.

Yakni Ruang Bagian Pembangunan dan Ruang Bagian Perekonomian yang berada di Lantai II serta Ruang Bagian Hukum Setda Kota Salatiga di lantai III. Total ada sekitar lima laptop yang lenyap, yakni tiga laptop di Ruang Bagian Perekonomian dan dua laptop di Ruang Bagian Hukum.

Saat dikonfirmasi, Penjabat Sekda Kota Salatiga Sri Widyowati membenarkan adanya kejadian tersebut. Dirinya memperoleh laporan tersebut seusai apel pagi oleh Kabag Hukum Setda Salatiga Ardyantara.

"Saat itu juga kami melaporkan kepada pihak Polres Salatiga dan tak lama kemudian Unit Satreskrim Polres Salatiga menggelar olah TKP. Terkait musibah tersebut, kami serahkan kepada pihak kepolisian. Semoga bisa diketahui siapa yang melakukan pencurian di tempat kami ini," kata Widyowati kepada Tribun Jateng, Senin (3/4/2017).

Kabag Umum Setda Salatiga Adi Setiarso menduga, pencuri masuk melalui pintu belakang, kemudian congkel pintu masuk ke setiap ruangan. Dugaan kuat, aksi tersebut pun dilaksanakan pada malam hari.

"Di gedung ini sudah dilengkapi CCTV dan kondisinya aktif. Tadi di Ruang Sandi dan Telekomunikasi (Santel), kami bersama pihak Satreskrim Polres Salatiga telah mengecek rekaman CCTV nya. Saat ini hasil rekaman pun sudah dibawa ke Polres Salatiga untuk penyidikan lebih lanjut," terang Adi.

Menurutnya, dari kejadian tersebut, diperkirakan total kerugian mencapai sekitar Rp 35 juta. Selain beberapa laptop, juga ada uang tunai yang nominalnya mencapai sekitar Rp 8,5 juta. Selain laptop dan uang tunai, juga ada 1 kamera yang juga hilang. Kamera tersebut tersimpan di Ruang Bagian Pembangunan Setda Salatiga.

"Dilihat dari hasil rekaman CCTV untuk sementara ini, aksi tersebut dilakukan seorang diri dan dilakukan pada Sabtu (2/4/2017) dini hari. Tetapi sepenuhnya telah kami serahkan ke pihak berwenang atas kejadian tersebut," tambahnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved