BPBD dan Kodim Demak Gelar Pelatihan Manajemen Pengungsian

BPBD Kabupaten Demak bersama Kodim menggelar kegiatan pelatihan manajemen tempat pengungsian, di Aula Kelurahan Kadilangu Selasa, (4/4/2017).

Penulis: rival al manaf | Editor: iswidodo
tribunjateng/rival almanaf
BPBD Kabupaten Demak bersama Kodim menggelar kegiatan pelatihan manajemen tempat pengungsian, di Aula Kelurahan Kadilangu Selasa, (4/4/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - BPBD Kabupaten Demak bersama Kodim menggelar kegiatan pelatihan manajemen tempat pengungsian, di Aula Kelurahan Kadilangu Kecamatan Demak, Selasa, (4/4/2017).

Dandim 0716 Demak Letkol Inf Agung Udayana menuturkan, tujuan kegiatan ini agar peserta memahami peran dan tanggungjawab dalam mengelola tempat pengungsian sesuai dengan standar.

"Salah satu bencana yang masih terlintas di ingatan kita, yakni banjir kemarin di Sungai Dombo di Kecamatan Sayung. Saat ada orang mengalami kesusahan maka Anggota BPBD dan TNI/Polri bisa menjadi penolong dalam mengatasi kesulitan dan kesusahan masyarakat," jelas Agung.

Dia mengharapkan kepada seluruh instansi agar terus meningkatkan kordinasi dalam menangani pengungsi termasuk mengelola tempat pengungsian. Kordinasi kadang mudah diucapkan namun sulit dilaksanakan meski demikian dia menghimbau agar terus diupayakan melakukan kordinasi lintas sektor dengan baik.

"Dalam penanganan pengungsian mestinya ada kordinasi dan pengelolaan manejemen tempat pengungsian dengan pendekatan dan partisipasi masyarakat," terangnya.

Sementara itu Kalaksa BPBD Demak, Agus Nugroho berharap dengan kegiatan ini pengelolaan penanganan pengungsi jadi tepat sasaran. Menurutnya, penanggulangan bencana dibagi menjadi 3 yaitu bidang pencegahan dan kesiapsiagaan, bidang kedaruratan dan logistik, bidang rehabilitasi dan rekontruksi.

"Kegiatan ini selain melibatkan BPBD Kabupaten Demak, juga melibatkan sekitar 100 peserta dari Instansi dan Badan yang ada di Pemerintahan kabupaten Demak," tambahnya.

Selain mendatangkan pemateri lokal kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari luar Demak yakni BPBD Jepara. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved