Pemerintah Tetapkan Biaya Ibadah Haji di Jateng Tahun Ini Rp 35,6 Juta

Dalam ketentuan besaran BPIH, meliputi biaya penerbangan haji, pemondokan di Makkah serta biaya hidup (living cost) selama di Tanah Suci

Pemerintah Tetapkan Biaya Ibadah Haji di Jateng Tahun Ini Rp 35,6 Juta
net
Setelah Dilobi Presiden Jokowi, Akhirnya Arab Saudi Tambahi Kuota Haji Indonesia 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah telah menetapkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2017 melalui Keputusan Presiden (Keppres) nomor 8 tahun 2017 tertanggal 3 April 2017.

Dalam ketentuan besaran BPIH, meliputi biaya penerbangan haji, pemondokan di Makkah serta biaya hidup (living cost) selama di Tanah Suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Sholikhin menyatakan setelah adanya penetapan BPIH 2017, maka untuk pelunasan bagi calon jemaah haji (CJH) dapat segera dilaksanakan.

"Presiden telah menetapkan besaran BPIH tahun 2017 untuk masing-masing embarkasi di seluruh Indonesia, untuk embarkasi Solo sebesar Rp 35.666.250," kata Sholikhin melalui siaran pers Kanwil Kemenag Jateng, Minggu (9/4/2017).

Dalam Keppres tersebut juga disebutkan bahwa besaran BPIH termurah di tahun ini ada di embarkasi Aceh, yakni Rp 31.040.900. Sedangkan termahal ada di embarkasi Makassar sejumlah Rp 38.972.250.

"Perbedaan besaran BPIH ini lebih disebabkan pada jarak tempuh dari embarkasi menuju ke Makkah dan embarkasi Solo merupakan nominal rata-rata dari seluruh embarkasi di Indonesia," ujar Sholikhin.

Adapun untuk kuota haji embarkasi solo yang terdiri dari CJH asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejumlah 33.637 CJH, terdiri dari 30.479 CJH dari Jateng dan 3.158 CJH dari DIY.

Sehingga khusus untuk Jateng, CJH yang berhak melakukan pelunasan BPIH tahun 2017 ada sejumlah 30.479 CJH.

Saat ini, Kemenag sedang melakukan proses penyelesaian pembuatan paspor. Pihaknya menargetkan, paspor untuk CJH 2017 akan selesai pada Mei. "Karena target kami akhir Mei sudah harus selesai," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved